Deni Kurnia

Seorang guru sekaligus blogger, yang berniat berkhidmat untuk umat dengan apapun yang bisa dilakukan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Seperti Wasit sepakbola, begitulah Seharusnya Guru Bersikap
Pembiasaan Tilawah massal di SMPN 1 Mande Cianjur

Seperti Wasit sepakbola, begitulah Seharusnya Guru Bersikap

Tantangan Hari k(5)

Terkadang ketika nonton sepakbola di tivi, selain dua tim yang bertanding, ada juga yang menjadi pusat perhatian. Dialah WASIT.

Wasit menjadi pengawas permainan, memberi peringatan jika ada pemain yang menyalahi aturan, ataupun memberi hukuman untuk pelanggaran berat.

Di saat bersamaan, si wasit juga membiarkan dua tim mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk memenangkan pertandingan, dengan cara yang sesuai aturan.

Jika kita ambil ibarat untuk sisi tertentu, posisi guru bisa disamakan dengan wasit. Guru membimbing, mengawasi, memberi peringatan bahkan hukuman, jika ada aturan yang dilanggar. Di saat yang sama, guru memotivasi agar peserta didik mengembangkan potensi diri mereka semaksimal mungkin.

Namun ketika ada sesuatu yang tidak sesuai mekanisme, guru memberikan hukuman. Seperti wasit, langkah awal diberi beberapa kali peringatan, sebelum akhirnya memberi hukuman.

Fungsi wasit dan guru, mesti adil dalam memperlakukan pemain/murid. Tidak boleh unsur subjektif lebih dominan.

#TantanganGuruSiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post