Dodi Saputra Berkarya

Dodi Saputra lahir Selasa Legi, 25 September 1990/ 5 Rabiul Awal 1411 Hijriah di Desa Mahakarya, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Indonesia. Penggiat li...

Selengkapnya
Navigasi Web
Inovasi Pembelajaran 4G IPA Pada Materi Pesawat Sederhana
Inovasi Pembelajaran 4G IPA Pada Materi Pesawat Sederhana

Inovasi Pembelajaran 4G IPA Pada Materi Pesawat Sederhana

BAB IV

SIMPULAN DAN SARAN

SIMPULAN

Berdasarkan penerapan inovasi metode pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pasaman yang telah dilakukan bahwa metode ini mampu menciptakan suasana kelas yang aktif, inovatif, kreatif, berdaya saing, dan efektif, serta menyenangkan. Sehingga mampu menumbuhkembangkan semangat belajar dan berkompetisi, serta nilai-nilai pendidikan karakter pada materi pembelajaran IPA, khususnya pesawat sederhana.

SARAN

Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan di atas, maka penulis hendak memberikan saran kepada beberapa pihak terkait. Beberapa saran tersebut adalah sebagai berikut:

Kepada kepala madrasah, diharapkan tetap mendukung setiap inovasi guru yang bersifat membangun, guna tercipta pembelajaran yang inovatif.

Kepada majelis guru diharapkan juga melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik yang kreatif dan kompetitif

Kepada segenap peserta didik diharapkan senantiasa meningkatkan kemampuan dan semangat belajar selama menempuh pendidikan di madrasah.

Penulis berharap, semoga inovasi model pembelajaran ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain dalam pengembangan penelitian pendidikan selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

Arends, R. I. 1997.Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill Companies

Balai Pustaka.1997.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Depdibud

Http://Www.Majalahpendidikan.Com/2011/04/Definisi-Dan-Karakteristik- Inovasi.Html

Ibrahim. 1988. Inovasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud

Sebastian Wisnu Aji.2018.Naskah Publikasi Inovasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MTS Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018.Universitas Muhammadiyah Surakarta

Suhardan, Dadang. 2010.Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta

---------. 2011. Inovasi dan Kreativitas Pendidikan. Bahan kuliah Program Pasca Sarjana Universitas Galuh Ciamis

Suharsaputra, Uhar. 2010.Administrasi Pendidikan.Bandung:Refika Adtama

Suryadi.2009.Manajemen Mutu Berbasis Sekolah.Bandung: Sarana Panca Karya Nusa

Zulhannan.2019.Slide PPT Media Pembelajaran, Komunikasi dan Proses Belajar Mengajar

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post