DOES ICHNATUN DWI SOENOEWATI

Helo, saya Does Ichnatun Dwi Soenoewati. Saya guru biasa yang ingin berbuat sesuatu yang luar biasa....

Selengkapnya
Navigasi Web
Kapan Membandingkannya?

Kapan Membandingkannya?

Kompetensi Dasar (KD) 3.7 Bahasa Inggris kelas VII tertulis "Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya." Namun demikian, tujuan pembelajaran yang dicontohkan tidak menunjukkan membandingkan teks sama sekali. Tujuan yang dicontohkan adalah 1) Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial teks deskriptif tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang. 2) Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks deskriptif tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang. 3) Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan teks deskriptif tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang.

Tujuan pembelajaran berikutnya pasti sama rumusannya, hanya kata 'orang' digantikan dengan 'binatang' atau 'benda'.

Sungguh, saya tidak habis pikir, apakah penyusun pedoman ini memahami maksud KD tersebut atau tidak. Pantas saja, soal-soal baik yang dibuat secara lokal maupun nasional, tidak satu pun menguji kemampuan siswa untuk membandingkan teks.

Saya menekankan kepada siswa bagaimana cara membandingkan teks deskriptif, namun saya kira mereka akan kecewa karena dalam ujian tidak pernah ditanyakan.

Sudah jelas, mengidentifikasi tidak memiliki level kognitif yang sama dengan membandingkan. Jika mengidentifikasi termasuk di dalam level 1, sementara membandingkan berada di level 2. Entah ini disengaja atau ada unsur kealpaan. Yang jelas sebagai guru yang mencoba menyampaikan materi persis seperti yang dirumuskan dalam KD, saya sangat kecewa. Alasan saya adalah, pertama, tujuan pembelajaran tidak singkron dengan KD, serta kesempatan siswa untuk berpikir kritis terlewatkan.

Tetap semangat, dan mengajar sesuai KD>

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mari kita bingung Bu.. Salam KD.

26 Mar
Balas

Statment ibu yg terakhir yg sya suka, "tetap semangat mengajar TIDAK sesuai KD" eh maaf sengaja sya plesetkan bu...hehe

26 Mar
Balas

Hehe, gemes memahami KD

26 Mar



search

New Post