drg. Jeffry Kurniawan

Hidup Sehat Dengan Senyuman Yang Indah. Gigi Merupakan Cabang Penyebab Dari Fokal Infeksi Dalam Tubuh Anda Instagram @doktergigijry...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kenali Rongga Mulut Orang Sekitar Anda !!!

Pada umumnya masyarakat selalu menganggap remeh yang namanya gigi, bahkan jika dia sakit gigi maka dia hanya membeli obat di apotik terdekat, kali ini saya akan bahas beberapa hal yang sangat penting kita ketahui tentang penyakit rongga mulut.

Pada zaman sekarang banyak terjadi kasus - kasus yang sangat memperhatikan termasuk kasus - kasus menular seksual dan bahkan kaum LGBT sudah sangat banyak di Indonesia.

Informasi yang diperoleh dari Kemenkes secara keseluruhan terdapat peningkatan jumlah Waria secara bermakna antara tahun 2002 dan 2009, tetapi tidak terdapat peningkatan bermakna dari tahun 2009 dan 2012. Populasinya tidak ada yang pasti namun mengacu data populasi rawan terdampak HIV jumlah waria diperkirakan mencapai 597 ribu orang, sedangkan Lelaki yang seks dengan lelaki termasuk biseksual mencapai lebih dari 1 juta orang [Kemenkes RI, 2014]. Sumber lain dari menyebutkan jika menggunakan prevalensi dari populasinya bisa mencapai 3 juta. Sedangkan populasi lesbian belum banyak diketahui.

Sedangkan info terbaru, Liputan 6 Jakarta Menerangkan Bahwa "Penggerebekan diduga pesta seks gay di Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengagetkan masyarakat Indonesia. Sebab, ada lebih dari 100 orang yang ditangkap aparat. Foto-foto yang beredar liar dari lokasi kejadian memperlihatkan tubuh-tubuh tersangka yang nyaris telanjang" Hal ini dilakukan oleh kaum LGBT"

Dari uraian diatas, bahwa untuk hal penyimpangan seksual tersebut, memiliki resiko sangat fatal terjadinya AIDS dan HIV, Kelompok LGBT umumya mengharapkan perlakuan yang lebih seimbang dan adil dari Pemerintah, mereka ingin orientasi seksual dan perilaku seksual tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam bermasyarakat, berkarya, berprestasi dan berkontribusi dalam pembangunan. Masyarakat sendiri masih memiliki stigma terkait dengan LGBT, khususnya akibat paparan media yang berlebihan dan tindak laku LGBT itu sendiri yang mendatangkan kekhwatiran, seperti kasus HIV AIDS, dan kasus kejahatan seksual pada anak, ditambah lagi dengan pemikiran yang dilandasi agama.

Dalam Artikel ini saya akan jelaskan secara detail jika seseorang itu terkena HIV dan AIDS

HIV yang merupakan singkatan dari HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS adalah Virus Penyebab AIDS. Virus ini menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak bisa bertahan terhadap penyakit-penyakit yang menyerang tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh Rusak atau Lemah mudah terserang penyakit yang ada di sekitar kita seperti TBC, Diare , Sakit kulit, dll. • HIV terdapat di dalam cairan tubuh seseorang yang telah terinfeksi seperti didalam darah, Air Mani (Cairan Sperma ) atau Cairan Vagina dan Air Susu Ibu. Sebelum HIV berubah menjadi AIDS, penderitanya akan tampak sehat dalam kurun waktu kira-kira 5 sampai 10 tahun.

Jika kita melihat di dalam rongga mulut apakah ciri - ciri seseorang tersebut sudah terkena HIV dan AID ?

1. Jika Anda Melihat Kandidiasis Oral ( Lesi Putih Tidak Dapat Dikerok)

Kandidiasis oral seringkali merupakan gejala awal dari infeksi HIV. Faktor utama etiologi kandidiasis oral adalah jamur Candida albicans, meskipun spesies lain dari Candida dapat terlibat. Prevalensi yang dilaporkan bervariasi secara luas, sampai setinggi 72% pada anak-anak dan 94% pada orang dewasa.

(Info Gambar Klik (https://jrykwan.blogspot.co.id/)

2. Oral Hairy Leukoplakia

Oral hairy leukoplakia (OHL) lebih umum terjadi pada orang dewasa yang terinfeksi HIV daripada anak yang terinfeksi HIV. Prevalensi OHL pada orang dewasa adalah sekitar 20% -25%, meningkat dengan CD4 + menurun jumlah limfosit, sedangkan pada anak prevalensinya sekitar 2% -3%. Kehadiran OHL adalah tanda imunosupresi berat

(Info Gambar Klik (https://jrykwan.blogspot.co.id/)

3. NUG dan NUP (Kelainan Gusi dan Jaringannya)

NUG lebih sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan anak. Hal ini ditandai dengan adanya ulserasi, pengelupasan, dan nekrosis satu atau lebih papilainterdental, disertai rasa sakit, pendarahan, dan halitosis berbau busuk (Gambar 3). Terapi dengan debridement saja atau dikombinasi dengan metronidazol jika terdapat demam, malaise, dan anoreksia.

NUP ditandai hilangnya jaringan lunak dan gigi secara luas dan cepat.

(Info Gambar Klik (https://jrykwan.blogspot.co.id/)

Sumber Baca

1. https://www.liputan6.com/global/read/2963642/4-kasus-lgbt-di-indonesia-

yang-disorot-dunia

2. https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8cd37-3-laporan-lgbt-lgb.pdf

3. https://siamik.upnjatim.ac.id/poliklinik/aid.pdf

4. Samaranayake L, Huber MA, Redding SW. Infectious Disease. Burket's Oral

Medicine. Eleventhed. Hamilton: BC Decker Inc; 2008. p. 502-07.

5. Little JW, Falace DA, Miller CS, Rhodus NL. Dental Management of The

Medically Compromised Patient. Seventh ed. St. Louis, Missouri: Mosby;

2008 p. 280-301.

6. Depkes RI. Pedoman Nasional Perawatan, Dukungan dan Pengobatan bagi

ODHA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular &

Penyehatan Lingkungan Depkes RI; 2003.

7. Kemenkes RI. Statistik Kasus HIV/AIDS di Indonesia. Jakarta: Ditjen PP &

PL Kemenkes RI; 2012.

8. Vaseliu N, Kamiru H, Kabue M. Oral Manifestations of HIV Infection In:

Baylor International Pediatric AIDS Initiative, editor. HIV Curriculum for The

Health Professional. Houston, Texas, U.S.A: Baylor College of Medicine;

2010. p. 184-93.

Praktek Jeffry Kurniawan, drg

Jalan Lembaga Pemasyarakatan No 1 F Pekanbaru, Klinik Shifa Medika Sebelah Manly Babershop Pekanbaru - Gobah.

Instagram @doktergigijry @klinikgigipekanbaru

Konsultasi Via DM Instagram @doktergigijry @klinikgigipekanbaru

Konsultasi Via w.a 082390319191

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pak dokter mulai menulis Thanks ilmunya

08 Apr
Balas

Info yang bermanfaat. Trims pak dokter

08 Apr
Balas

Alhmdlh, semoga bisa mengenali ya...

08 Apr

Sangat bermanfaat. Semoga kita terhindar dari penyakit HIV atau AIDS...Aamiiin

08 Apr
Balas

Trimksh pak.... info yg bermanfaat....

08 Apr
Balas

sukses selalu

08 Apr

Luar biasa tulisannya Trim's

08 Apr
Balas

Semoga brmanfaat

08 Apr

iya jika kalo mau update foto monggo https://jrykwan.blogspot.co.id/

08 Apr
Balas

Wah, dokter hebat

09 Apr

Alhamdulillah tambah wawasan. Trims dokter

09 Apr
Balas



search

New Post