drg. Jeffry Kurniawan

Hidup Sehat Dengan Senyuman Yang Indah. Gigi Merupakan Cabang Penyebab Dari Fokal Infeksi Dalam Tubuh Anda Instagram @doktergigijry...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sejauh Mana Kamu Mengetahui Gigi Kamu Itu Sehat ?

Sejauh Mana Kamu Mengetahui Gigi Kamu Itu Sehat ?

Prevalensi nasional masalah gigi dan mulut adalah 25,9 persen, sebanyak 14 provinsi mempunyai prevalensi masalah gigi dan mulut diatas angka nasional. Secara keseluruhan kemampuan untuk mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi sebesar 8,1 persen (EMD). Ditemukan EMD meningkat pada kelompok umur yang lebih tinggi umur 45-54 tahun meningkat (EMD:10,6 dibanding EMD umur 12 tahun: 7,0), EMD di perkotaan (8,6) lebih besar dari EMD perdesaan (7,5), dan EMD meningkat pada status ekonomi lebih tinggi (EMD teratas: 9,0). Prevalensi nasional menyikat gigi setiap hari adalah 94,2 persen sebanyak 15 provinsi berada dibawah prevalensi nasional. Untuk perilaku benar dalam menyikat gigi berkaitan dengan faktor gender, ekonomi, dan daerah tempat tinggal. Ditemukan sebagian besar penduduk Indonesia menyikat gigi pada saat mandi pagi maupun mandi sore, (76,6%). Menyikat gigi dengan benar adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur malam, untuk Indonesia ditemukan hanya 2,3 persen. Indeks DMF-T menggambarkan tingkat keparahan kerusakan gigi.Indeks DMF-Tmerupakan penjumlahan dari indeks D- T, M-T, dan F-T. Indeks DMF –T ini meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Prevalensi nasional Indeks DMF-T adalah 4,6. Sebanyak 15 provinsi memiliki xi prevalensi diatas prevalensi nasional. Indeks DMF-T lebih tinggi pada perempuan (5,0) dibanding laki-laki (4,1). Namun untuk kuintil indeks kepemilikan, semakin tinggi kuintil, semakin rendah nilai DMF-T, hal ini terlihat pada kuintil indeks kepemilikan terbawah nilai DMF-T nya 5,1, sedangkan untuk yang teratas nilai DMF-T nya lebih rendah (3,9 %). (Riskesdas, 2013).

Begitu banyaknya masalah tentang gigi, maka kita harus mengetahui gigi itu sendiri apa ?

Gigi merupakan suatu organ yang sangat keras dan fungsinya begitu banyak dan sangat kita pehatikan, karena tanpa adanya gigi maka seseorang itu tidak dapat makan, seseorang itu tidak dapat bicara, seseorang itu tidak akan bisa melakukan pencernaan secara sempurna.

Ada beberapa hal fungsi Gigi adalah ?

Gigi dapat membantu untuk pencernaan Gigi dapat membantu proses bicara Gigi dapat membantu kita dalam menunjang penampilan.

Hal ini banyak orang yang salah mengartikan fungsi gigi dan kegunaan gigi, hal ini di tunjang oleh beberapa hal seperti halnya yang kita ketahui saat ini, sejak perkembangan zaman sekarang orang sudah tertarik untuk melakukan perawatan gigi, bahkan seseorang tersebut rela untuk melukan perawatan gigi ke tukang gigi dan awalnya giginya hanya masalah sedikit dan menjadi lebih parah.

Penelitian karies didapatkan hampir seluruhnya pada responden yang sering mengkonsumsi makanan manis 26 (78,8%) dengan kejadian karies gigi dan sebagian kecil 0 responden (0%) tidak karies. Pada responden yang jarang mengkonsumsi makanan manis adalah 4 responden (12,1%) dengan karies dan sebagian kecil 3 responden ( 9,1 %) dengan tidak karies (Sumini, 2014).

Karies adalah suatu penyakit infeksi yang dihasilkan dari interaksi bakteri. Karies gigi terjadi karena proses demineralisasi dari interaksi bakteri pada permukaan gigi. Bakteri bersifat asam sehingga dalam periode waktu tertentu, asam akan merusak email gigi dan menyebabkan gigi menjadi berlubang. Faktor etiologi terjadinya karies yaitu mikroorganisme plak, diet dan waktu. Karies pada gigi sulung sering menyerang gigi molar rahang bawah, gigi molar rahang atas, dan gigi anterior rahang atas. Pada masa periode gigi bercampur karies gigi sering menyerang pada gigi molar permanen rahang bawah dibandingkan dengan gigi rahang atas (Mustika, 2014).

Kita bandingkan sekarang dengan beberapa hasil yang telah dilakukan oleh ahli gigi yang bukan dokter gigi melakukan perawatan pada gigi tersebut.

Bahan Tambalan Akrilik yang digunakan oleh ahli gigi

Dengan hal itu masyarakat, lebih cerdas dalam memilih perawatan anda, sayangi kesehatan mulut anda berarti anda menyanyi kesehatan tubuh anda !!!!

Jeffry Kurniawan, drg

Instagram @jrykurniawan

Klinik Shifa Medika Jalan Lembaga Pemasyarakatan No 1 F Pekanbaru

Sumber :

Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) 2013 (internet). 2013. (7 Maret 2017). Availablefrom:http://depkes.go.id/dowmloads/rikesds203/Hasil%20Rikesdas%202013.pdf Mustika M D, Amy N C, Cholil. 2014. Insidensi Karies Gigi Pada Anak Usia Prasekolah DiTK Merah Mandiangin Martapura Periode 2012-2013. Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi Vol II. No 2. September 2014 hal 201-202 Sumini, Bibi A, Devi N. 2014. Hubungan Konsumsi Makanan Manis Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Prasekolah Di TK B RA Muslimat PSM Tegalrejodesa Semen Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Jurnal Delima Harapan, Vol 3, No.2 Agustus-Januari 2014: 20-27 hal 20-21.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Pak dokter sdh berbagi di Gurusiana Salam literasi

29 Mar
Balas

alhmdullillah, ibu boleh request kok kalo ada masalah gigi saya akan bagikan penyelesaian dari pembahasan di gurusiana

29 Mar

sip ilmunya dapat guru langsung dari pak dokter. Salam kenal dok.

29 Mar
Balas

alhmdlh iya bapak salam kenal atuh....

29 Mar

Luar biasa dok, sarat akan informasi tentang kesehatan guru, salam literasi

29 Mar
Balas

siap, sama-sama bapak... insyallah saya akan memberikan manfaat untuk kesehatan gigi guru indonesia

29 Mar

Terima kasih pak Dokter..ilmunya bermanfaat sekali..boleh request materi tentang kesehatan gigi pada balita. .

29 Mar
Balas

Boleh dong, insylh dalam waktu dekat ini ya..

29 Mar

Jazakillah khoir...Pak dokter. Sarat informasi.Semoga Pak dokter sehat-sehat selalu dan senantiasa dalam Ridho Allah SWT. Ikhlash berbagi ilmu di gurusiana.Ditunggu selalu kehadirannya.Baarokallah.

29 Mar
Balas

Iya makasi banyak

29 Mar



search

New Post