Dolbakri, S. Pd.

Dolbakri, S. Pd. bertugas di SMPN 2 Sungai Apit Kab. Siak Riau. Daerah asal Batang Kapas Kab. Pesisir Selatatan Sumbar. Tempat tanggal lahir, Tuik, 22 Oktober 1...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengajian Keluarga

Pengajian Keluarga

(Cerita karakter ke-26)

Penulis: Dolbakri Abu Azzira

Pengajian keluarga selalu rutin diadakan sekali dalam seminggu di keluarga Bapak Bakri. Tepatnya hari Kamis malam Jumat. Pesertanya ayah, ibu, dan anak-anak. Sederhana, tapi sangat besar manfaatnya. Kegiatannya diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Alquran atau setoran hafalan, ceramah, evaluasi ibadah harian, evaluasi pekerjaan harian, hiburan, dan diakhiri dengan doa. Semua kegiatan diisi oleh anggota keluarga.

Pengajian kali ini Bang Ahdan sebagai pembawa acara, baca Alquran secara bergantian. Ceramah oleh ayah Bakri. Tema ceramah ayah Bakri adalah kunci sukses sebagai berikut, "Anak-anakku untuk sukses meraih sesuatu. Kalian harus memiliki tiga hal, yaitu ikhtiar, berdoa, dan tawakal. Tiga hal tersebut adalah kunci sukses dunia akhirat dalam Islam. Sesuai ajaran Nabi kita Muhammad saw. Ketiga hal ini mesti dikerjakan secara berurutan dan tidak boleh dipisah menjadi bagian sendiri-sendiri. Apapun yang yang ingin kalian raih, pertama kalian harus ikhtiar atau berusaha sungguh-sungguh. Harus diiringi dengan doa, memohon kepada Allah agar apa yang ingin diraih terwujud. Terakhir apa pun hasilnya kalian harus tawakal. Bearti itulah yang terbaik. Tidak ada kecewa, sedih, dan putus asa, anggaplah itu suatu pengalaman. Anak-anakku semua itu butuh proses. Dan pengalaman adalah guru terbaik. Orang sukses itu selalu berani untuk mencoba." Semua menyimak apa yang disampaikan oleh Ayah Bakri dengan serius. Tujuan menyampaikan tema ini adalah karena anaknya Ahdan akan mengikuti lomba pidato Festival Anak Saleh Indonesia (FASI). Pengajian dilanjutkan dengan evaluasi amal ibadah dan evaluasi pekerjaan harian. Tujuannya adalah supaya mereka belajar tanggung jawab sebagai hamba Allah dan tanggung jawab sebagai anak. Terakhir doa dipimoin oleh ananda Fathan Faqih Rabbani. Satu jam akhirnya pengajian keluarga selesai dilaksanakan.

Ahdan anak sulung pak Bakri dengan tekun berlatih. Konsep pidato disusun oleh Pak Bakri ayahnya. Teknik pidato yang baik langsung dilatih oleh ayahnya baik intonasi suara, ekpresi, dan kinestetik. Alhamdulillah dengan ketekunan dan kunci sukses yang diterapkan, ananda Ahdan berhasil meraih juara 1 lomba pidato pada FASI tingkat Kabupaten. Proses tidak akan mengecewakan hasil. Selamat ya, Bang Ahdan.

Sungai Apit Siak, 1 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post