Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru Piket

Guru Piket

Di sekolah tempatku melaksanakan tugas mengajar, ada guru yang mendapat tugas tambahan sebagai guru piket. Guru piket adalah guru yang melaksanakan tugas tambahan untuk membantu, memantau, dan menjaga kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah. Petugas guru piket sekolahku diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari kepala sekolah. Selain menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah, adanya guru piket tentunya sangat penting.

Karena sekolahku masih melaksanakan KBM pagi dan siang atau istilah kerennya dua shift, maka guru yang melaksanakan tugas piket pagi adalah guru yang tidak ada jam mengajar pada waktu pagi dan sebaliknya. Berarti ketika melaksanakan tugas piket, selama satu hari itu guru harus berada di sekolah. Pagi bertugas mengajar dan siang harinya melaksanakan tugas piket atau sebaliknya.

Apa saja yang harus dilaksanakan oleh guru piket? Nah, berikut ini adalah tugas pokok dan tanggungjawab guru piket.

1. Memeriksa kesiapan kondisi sekolah untuk melaksanakan KBM.

2. Mengisi data administrasi piket.

3. Mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan K5 (ketertiban, keamanan, keindahan, kebersihan, dan kenyamanan).

4. Mencatat dan melaporkan kejadian penting.

Secara rinci tugas guru piket adalah sebagai berikut :

Melakukan siap layanan pendidikan selama proses pembelajaran berlangsung. Memastikan kebersihan setiap kelas sebelum KBM dimulai. Mencatat nama guru dalam hal kehadiran, ketidakhadiran, keterlambatan, atau guru yang meninggalkan sekolah pada saat yang bersangkutan ada jadwal pembelajaran. Mencatat siswa yang datang terlambat, yang tidak hadir, atau yang pulang sebelum waktunya Menegur, memperingatkan, dan mencatat siswa yang melanggar tata tertib sekolah untuk dilaporkan kepada Wali Kelas, Guru BP, serta Kepala Sekolah. Memberikan kartu izin kepada siswa untuk selanjutnya diketahui oleh guru yang mengajar di kelas itu apabila siswa benar-benar dalam keadaan sakit atau karena sesuatu hal yang sangat penting sehingga harus meninggalkan jam pelajaran. Mengisi buku piket dan agenda kehadiran guru sesuai jadwal pelajaran Mendistribusikan tugas atau mengisi kelas jika terdapat guru yang berhalangan hadir. Menerima dan melayani tamu yang berkepentingan dengan sekolah atau dengan siswa serta mempersilakan untuk mengisi buku tamu Mengawasi ketenangan suasana kelas dan lingkungan sekolah pada saat KBM berlangsung. Mengingatkan guru yang belum mengisi dan menandatangani absensi. Mengatur ketepatan waktu jam pelajaran, pergantian jam dan, atau saat berakhirnya KBM. Mencatat dan melaporkan kepada Kepala Sekolah bila ada peristiwa yang terjadi di sekolah atau hal-hal lain yang dianggap perlu untuk segera ditindaklanjuti.

Tugas guru piket sangat penting artinya dalam menciptakan kelancaran proses pendidikan di sekolah. Selamat melaksanakan tugas piket.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post