Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengolah Oleh-oleh

Mengolah Oleh-oleh

Di rumah banyak yang ingin kukerjakan. Yaah ... masih suasana libur. Di meja kulihat bungkusan dalam kantong plastik. Kemarin bungkusan itu kuterima dari tetanggaku yang baru pulang mudik dari Surabaya. Oleh-oleh ciri khas dari Jawa Timur katanya. Ada brem, kerupuk gendar, dan petis udang.

Brem adalah makanan yang terbuat dari sari fermentasi tapai ketan. Makanan ini menjadi sangat terkenal karena cita rasanya yang unik, manis, dan menyegarkan. Jika dipatahkan maka akan terasa renyah dan setelah dimakan akan terasa lembut dan meleleh.

Dari sekian banyak jenis kerupuk di Indonesia, ada kerupuk yang identik dengan orang Jawa, namanya kerupuk gendar. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang berbahan dasar nasi. Memiliki cita rasa gurih dengan khas butiran nasi yang masih terasa.

Satu lagi, petis adalah olahan udang yang kental dan warnanya hitam pekat. Rasa petis ada yang manis gurih dan ada juga agak asin. Petis menjadi bahan penyedap masakan khas daerah tertentu, seperti di Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Kali ini aku akan mengolah petis dan berbagi resep masakan yang menggunakan bumbu petis sebagai penyedapnya. Namanya tahu petis. Sesuai namanya, bahan utama kuliner ini adalah tahu goreng. Ada pelengkapnya yaitu toge yang direbus, mentimun, seledri yang diiris halus, bawang merah goreng, dan cabe merah yang diiris serong tipis-tipis. Setelah semua siap, kita buat bumbu petisnya.

Bahan bumbu petis :

- 150 gr kacang tanah yang telah disangrai

- 6 buah bawang putih yang digoreng utuh

- 6 buah cabai rawit merah (atau sesuai selera)

- 5 sendok makan petis udang

- 5 sendok makan kecap manis

- Air secukupnya

- Garam secukupnya

- Gula merah secukupnya

Cara membuatnya :

- Haluskan kacang, bawang putih, dan cabai rawit dengan blender

- Panaskan kacang yang telah halus di atas penggorengan

- Tambahkan petis,kecap, garam, dan gula merah. Aduk-aduk sampai meletup-letup

- Periksa kekentalannya, tambahkan air bila perlu

- Cicipi sesuai selera

- Dinginkan bumbu kacang sebelum dihidangkan bersama tahu dan pelengkapnya.

Tahu petis ini selain bisa sebagai teman nasi, juga bisa dinikmati dengan ketupat atau lontong. Tambahkan kerupuk gendar agar lebih yummy. Yuuk ... selamat mencoba dan berkreasi kuliner dengan petis yang gurih legit.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih resepnya bunda...kapan -kapan perlu dicoba nih

29 Jun
Balas

Iyaa Bunda Syantik. Mksh apresiasinya. Selamat berliterasi kuliner.

29 Jun



search

New Post