Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pak Guru Bikin Baper

Pak Guru Bikin Baper

http://dradiahlistyorini.gurusiana.id/article/sepenggal-kisah-buku-vs-batik-823698

Membaca artikel Pak Syaihu di blog ini yang berjudul Lomba Menulis tentang Pak Guru Berhadiah 66 Buku membuatku ingin menjawab tantangannya. Peserta diminta untuk membuat tulisan tentang aktivitas literasi dan mungkin sisi lain Pak Guru yang kita kenal lewat tulisan-tulisannya di blog Gurusiana (ada 1200 tulisan pak Guru di Gurusiana), atau mungkin juga mengenal beliau secara khusus.

Sebenarnya aku pernah menulis tentang Pak Syaihu di blog ini beberapa waktu yang lalu. Tulisanku saat itu hanya seputar pertemuan dengan Pak Guru, sebutan akrab untuk Pak Syaihu, pada acara TNGP 2018. Pada acara yang digagas MG pada bulan November 2018 itu, aku sempat bertemu dengan Pak Guru yang sebelumnya hanya kenal lewat tulisan-tulisan di blog Gurusiana dan FB beliau.

Pak Guru yang satu ini memang sangat aktif menulis, terbukti tulisan beliau di blog ini sudah mencapai 1200 tulisan. Fantastik ... hanya dalam kurun waktu kurang dari dua tahun menghasilkan tulisan sebanyak itu. Tak heran predikat sebagai penulis paling produktif diberikan padanya. Beragam tema menjadi objek tulisannya dalam bentuk artikel, tulisan-tulisan ringan, puisi, best practice, cerpen, atau reportase. Tak salah bila Pak Guru satu ini pernah mendapat komentar di tulisannya bahwa sambil merem (tidur) pun beliau tetap menulis. Istilahnya tiada hari tanpa menulis. Semua aktivitas sehari-harinya selalu diisi dengan menulis, menulis, dan menulis. Saat beraktivitas sebagai guru di sebuah MTs, mengantar anaknya, menemani istrinya, bahkan saat menunggu mesin cuci menyelesaikan tugasnya, dan masih banyak lagi di kesehariannya yang semua menjadi inspirasi tulisannya. Lewat tulisan-tulisan itulah setiap hari setiap saat Pak Guru dengan setia menyapa Gurusianer-gurusianer di blog guru terbesar Indonesia ini.

Sampai saat ini beliau telah menulis empat buku yaitu yang berjudul Pak Guru Menjadi Tamu Allah, Menjadi Guru Es Krim, Ada Cinta di Madrasah, dan Mewujudkan Pembelajaran IPS yang Seru dan Menyenangkan. Wow ... luar biasa. Kabarnya ada tips bahwa tulisan-tulisan yang telah dibuat adalah tabungan untuk menjadi karya dalam bentuk buku. Ternyata ini yaaa ... kuncinya.

Di blog MG ini, setiap hari terlihat Pak Guru selalu bertengger di posisi penulis populer dan tulisan artikel populer bersama lima penulis dan lima artikel lainnya. Gaya dan eksistensi tulisannya sungguh menginspirasi gurusianer-gurusianer yang cinta menulis, salah satunya adalah aku. Bravo Pak Guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

24 Jan
Balas

Terima kasih apresiasinya Bu Susi. Salam sukses literasi.

25 Jan

Mantul....bu Diah..."Mantap Betul" Karyamu juga membuat Baper...

24 Jan
Balas

kita sama-sama baper ya Bu Iis. Yuuu ... nulis juga. Terima kasih apresiasinya, salam sukses.

25 Jan

Alhamdulillah, Barokallah Bu Diah, semoga menang

24 Jan
Balas

Aamiin ... Terima kasih apresiasinya, Pak Guru. Sudah mencoba ... dan ingin terus belajar.

25 Jan

Beliau memang luar biasa...

24 Jan
Balas

Ditunggu Pak Guru tulisannya bu Mey

24 Jan

Iyaa, Bu Mey. Kreatif, menginspirasi, dan selalu semangat. Terima kasih apresiasinya Bu. Salam semangat dan sukses selalu.

25 Jan

Masya Allah tabarakallah, ayo Bu Diah kita sama-sama belajar menabung tulisan, mempraktekan tips dari Pak Guru. Saya sudah ketinggalan jauh niih dari Bu Diah.

24 Jan
Balas

Aamiin. Terima kasih apresiasinya Bu Sofy. Selamat bertemu di blog hebat ini. Betul bu Sofy ... tipsnya seperti yang sederhana ya, nabung tulisan. Yuuu ,,, sama-sama mencoba.

25 Jan

Sama-sama Bu. Senang sekali bisa bergabung di blog gurusiana, seperti menemukan muara untuk berkarya. Banyak sekali guru penulis hebat di sini. Insya Alloh mulai belajar menabung tulisan. Yuuuk..

25 Jan



search

New Post