Dra. Diah Listyorini

Mengajar di SMPN 2 Katapang, Kab. Bandung. Alumni MG kelas WJLRC Bandung...

Selengkapnya
Navigasi Web
Silaturahmi sambil Berliterasi

Silaturahmi sambil Berliterasi

Setelah menyelesaikan upload nilai untuk e-rapot, sebagai guru mata pelajaran dan sebagai wali kelas, tugas kami pada tahun pelajaran 2017-2018 dianggap sudah selesai. Menyongsong tahun pelajaran 2018-2019 kami sudah harus menyiapkan program kerja sebagai guru mata pelajaran dan program-program lainnya bila mendapat tugas tambahan selain mengajar.

Waktu masuk kembali ke sekolah masih lama. Salah seorang rekan guru, Bu Susi, mengajak guru-guru yang mengajarkan IPA dan memiliki waktu luang untuk mampir ke rumahnya. Masih suasana hari raya dan liburan, jadi momentum ini cocok untuk silaturahmi. Kami sepakati Sabtu, 30 Juni 2018, pukul 10.00 berkumpul di rumahnya.

Seminggu yang lalu, Bu Susi mendapat kesempatan mengikuti kegiatan MGMP IPA tingkat kabupaten. Banyak informasi yang beliau dapatkan sehubungan dengan KBM tahun pelajaran baru yang akan datang. Hal ini disampaikan kepada kami yang berkesempatan hadir di rumah beliau. Kami bertujuh hadir di rumah Bu Susi.

Bincang-bincang di rumah Bu Susi begitu hangat. Mulai dari masa libur lebaran, mudik, beres-beres rumah, pelaksanaan upload nilai online, persiapan mengajar, dan banyak lagi. Yang tak kalah serunya juga yaitu informasi seputar persiapan mengajar tahun pelajaran baru. Mengapa ?? Yaa ... karena tahun pelajaran 2018-2019, SMPN 2 Katapang akan melaksanakan K13 untuk semua tingkat kelas. Hampir semua guru mendapat tugas lebih dari 24 jam mengajar. Selain dari itu, sekolah kami pun masih melaksanakan dua waktu belajar, pagi dan siang, dan enam hari kerja.

Administrasi yang harus dipersiapkan oleh guru mata pelajaran terdiri atas tiga buku kerja. Format buku kerja guru K13 meliputi

A. Buku kerja 1 terdiri atas :

1. SKL, KI, dan KD

2. Silabus

3. RPP

4. KKM

B. Buku kerja 2 :

1. Kode Etik Guru

2. Ikrar Guru

3. Tata Tertib Guru

4. Pembiasaan Guru

5. Kalender Pendidikan

6. Alokasi Waktu

7. Program Tahunan

8. Program Semester

9. Jurnal Agenda Guru

C. Buku Kerja 3 :

1. Daftar Hadir siswa

2. Daftar Nilai

3. Penilaian Akhlak/Kepribadian siswa

4. Analisis Hasil Ulangan

5. Program pelajaran Perbaikan dan Pengayaan

6. Daftar Nama Siswa

7. Jadwal Mengajar

8. Daya Serap Siswa

9. Kumpulan Kisi soal

10. Kumpulan Soal

11. Analisis Butir Soal

12. Perbaikan Soal

D. Buku Kerja 4 :

1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru

2. Program Tindak Lanjut Kerja PAK Guru

Sedangkan penyempurnaan RPP pada tahun pelajaran 2018-2019 adalah mengitegrasikan PPK, HOTS, 4C (critical, creative, collaborative, dan communicative), dan literasi. Selain itu juga, menampilkan unsur sintak dalam langkah-langkah pembelajaran. Semua ini akan dibahas pada workshop di sekolah yang akan dilaksanakan sebelum masuk tahun pelajaran baru. Informasi ini sangat berharga bagi kami dalam mempersiapkan perangkat administrasi guru.

Acara berikutnya adalah menikmati hidangan yang telah disiapkan tuan rumah. Ada nasi liwet dengan pelengkapnya tumis daun ceciwis, sambel lalab dan ikan asin, pepes tahu, daging bumbu lada hitam, dan yang tak ketinggalan adalah semur jengkol. Kami menikmati dalam suasana santai.

Silaturahmi kali ini semakin lengkap diisi dengan informasi persiapan menyongsong tahun pelajaran baru. Dan kami siap menjadi guru-guru profesional. Terima kasih telah berbagi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaf ....bu Diah. Selalu info aktual....

01 Jul
Balas

Iyaaa bu. Biar nggak lupa jd ditulis az. Mksh apresiasinya bu Iis. Yuuu nulis jg bu.

01 Jul

Mantaf ....bu Diah. Selalu info aktual....

01 Jul
Balas



search

New Post