Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Absensi Menggunakan Zoho Form

Absensi Menggunakan Zoho Form

Absensi Menggunakan Zoho Form

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 55

Saya kali ini tertarik dengan Zoho Form, karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan google Formulir dan Microsoft Form yang sering saya gunakan, namun begitu semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan, Untuk itu saya paparkan beberapa kelebihan dan kekurangannya, sekaligus memberikan contoh menggunakan Zoho Form sederhana untuk absensi kegiatan. Seperti Form yang lain, fungsi Zoho Form adalah membuat survey, Absen, Soal, Formulir, mecacah data, yang bisa di manfaatkan membuat laporannya dan analisis kegiatan.

A. Kelebihan zoho Form

1. Bisa memilih gratis ataupun berbayar

2. Aplikasinya memiliki fitu-fitur yang lengkap

3. Untuk absensi, survey, analisis data

4. Memiliki template yang lengkap.

5. Pengaturannya jelas dan sederhana

6. Tidak membutuhkan memori Perangkat. Karena tersimpan di awan

7. Bisa menambahkan photo, tanda tangan responden, file, dan pilihan yang sangat komplit

8. Dapat di eksport, menggunakan pdf, excel

9. Pengaturan waktu dan laporan tanpa membutuhkan pihak ketiga

10. Analisis ditampilkan dalam deskripsi maupun grafik

B. Kelemahan Zoho Form

1. Sebenarnya aplikasi ini sungguh banyak kelebihan, saya sulit mencari kelemahannya. Tapi saya tetap harus buat, karena taka da gading yang tak retak.

2. Menggunakan Bahasa Inggris, untuk sebagian orang kurang dipahami, sehingga membuat malas digunakan.

3. Terlalu lengkap, sehingga banyak yang merasa sulit, terlalu banyak fitur, jadi merepotkan.

C. Langkah Menggunakan Zoho Form untuk Absensi

1. Search Zoho Form pada laman Google . Pilih Zoho Form gratis.

2. Masuk menggunakan akun gmail

3. Mendaftar pertama ada pernyataan yang wajib disetujui pengguna, centang dua-duanya. Akan ada tampilan akun kita lengkap dengan foto profil

4. Untuk Membuat Form pertama kali, kita klik “Creat a New Form”

5. Ada pilihan apakah membuat Form kosong, atau menggunakan template yang disediakan zoho. Klik satu persatu, untuk mengetahui mana template yang sesuai dengan form yang akan kita buat. Banyak sekali Tema dan pilihannya seperti berikut:

6. Saya pilih untuk absensi “ Leave Application”. Setelah itu ada tampilan Form yang dipilih, edit sesuai kebutuhan, seperti edit judul dan deskripsi kegiatan. ada 2 bagian tampilan . Bagian kiri hasil edit, bagian kanan tempat mengedit pertanyaan.

7. Tampilan Dasbor Zoho saya bagi dua bagian, diatas dan disamping kiri. Untuk informasi ini saya tidak bahas pada kesempatan ini, sebab jelas sangat lama dan membuat bosan bagi yang tidak berminat apalagi bagi yang malas ngulik aplikasi, InsyaAllah pada kesempatan akan datang akan saya bahas.

8. Pada Bagian “Buider”, adalah fitur yang disiapkan untuk membuat Formulir, ada dua bagian yaitu Basic Field dan advenced Field, Jika membutuhkan Tanda tangan Respondens, kita klik “Advenced Field”, klik “Sighnature” mewajibkan penulisan tanda tangan . Jika selesai klik “Save”

9. Share link Absensi, bagikan kepada semua peserta dengan Klik dibagian atas Dasbor “Share” ada pilihan “Shorten URL” atau menambah QR Code, dan banyak pilihan lain. Menurut saya cukup dua hal ini.

10. Laporan dibuat dengan cara klik “report” dan tambahkan judul dan waktu sesuaikan waktu Indonesia.

11. Untuk tampilan Zoho Form, klik Show/Hide Colomns.

12. Untuk melihat analisis laporan, klik “analystics”. Akan terdapat grafik

Demikian tulisan saya, semoga dipahami dan dapat dipraktikkan serta bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih atas perhatian dan apresiasinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu. Artikel yang cukup informatif

09 Apr
Balas

sama sama Pak, susah masukkan gambar, terpaksa tanpa gambar

09 Apr



search

New Post