Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Mudah Kolaborasi Kerja Dan Penyimpanan Dokumen

Cara Mudah Kolaborasi Kerja Dan Penyimpanan Dokumen

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 57

Saya sering kesulitan melakukan Kerjasama dengan rekan-rekan kerja apabila flashdisk lupa terbawa, malas membawa laptop, bertambah lagi adanya pandemic covid 19 saat ini, diharuskan untuk kerja dirumah saja dan tidak bertemu dengan rekan kerja seperti sekarang. Sementara itu, dokumen diperlukan oleh rekan kita dan dokumen harus dibuat Bersama secara diskusi, untuk itu saya lakukan Kerjasama online menggunakan aplikasi Google Drive, agar antara saya dan rekan kerja tetap terhubung dan menyimpan dokumen bahkan berbagi dokumen tanpa harus menggunakan flashdisk atau CD Player. Banyak kelebihan google drive yang bisa digunakan sebagai wadah penyimpanan dan media kolaborasi Bersama rekan, antara lain adalah :

1. Didalam Google Drive sendiri ada aplikasi office (Docs, Spreatsheet, Form, Slide dan aplikasi lainnya.

2. Google drive berbasis online sehingga dapat dikerjakan dimana saja dan dapat menggunakan gadget Komputer, Laptop, Tab, maupun HP android.

3. Penyimpanan menggunakan Google Drive relative mudah, aman dan tak memakan memori Gedget, karena dokumen tersimpan di awan.

4. Bentuk File yang tersimpan juga sangat banyak ragamnya seperti yang saya sebutkan tadi.

5. Pengguna Google Drive juga dapat berkolaborasi dengan rekan lainnya, asal memiliki akun gmail rekan untuk dipakai sebagai media kolaborasi.

Langkah menyimpan dokumen dan bekerjasama dengan rekan kerja menggunakan Google Drive adalah:

1. Masuk kedalam Google Drive ada dua cara: yang pertama Search pada laman Google dengan mengetik “drive.google.com”, atau yang kedua melalui Dasbor akun Gmail, ada “titik Sembilan” ikon dari “Aplikasi Google”. Dan pilih ikon “Google Drive”.

2. Pada Halam Dasbor Google drive ada ikon tambah “+”, pilih : Buat Folder ( kalau membuat Folder baru)

3. Tambah File (untuk menambahkan file office dan media) , atau Folder (jika ingin menambah sekaligus satu folder). Setelah menunggu beberapa saat dokumen yang kita upload dari perangkat kita akan tersimpan di My Drive.

4. Untuk berkolaborasi dengan rekan kita ada du acara yaitu : pertama buka file tersebut untuk menambahkan kolaborator dan bagikan kepada orang lain dengan cara menuliskan email rekan kita dan tandai orang tersebut bisa mengedit. Cara kedua klik kanan akan ada banyak pilihan, kita pilih Bagikan (collaborator), tambahkan email rekan kita dan tandai orang tersebut bisa mengedit.

5. Untuk melakukan Kerjasama mengedit, menambah menghapus dan sebagainya pada file yang tersimpan, buka dokumen mulai bekerja, jika waktunya bersamaan akan tampak tanda warna text yang berbeda antara kita dan rekan kita yang jauh tersebut.

Akhirnya saya cukupkan sekian tulisan saya semga tulisan singkat ini bermanfaat untuk semuanya. Amin ya Robbal alamin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah... Barakallah Bunda.. Info yg sangat berharga.

11 Apr
Balas

terimakasih juga bu atas apresiasinya. amin

11 Apr

Terima kasih Bu Aisyah, Barakallah

11 Apr
Balas

terimakasih bu zulfa atas apresiasinya

11 Apr



search

New Post