Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
EXPLEE MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SEDERHANA

EXPLEE MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SEDERHANA

EXPLEE MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SEDERHANA

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 40

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengembangan bahan ajar digital micro video menggunakan explee. Bahwa ini merupakan metode pengembangan media pembelajaran video animasi yaitu menyajikan presentasi dengan ilustrasi gambar hidrogen pada latar putih jenis peta yang ini juga hampir sama dengan teks lain yaitu video yang menjelaskan informasi secara singkat dan jelas

Kemudian hal ini tentunya dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi media dan internet sehingga para guru saat ini harus dapat menyajikan bahan ajar yang menarik untuk generasi digital saat ini atau sasaran siswa Anda. Banyak jenis video animasi. Guru dapat memilih salah satu dari semua video animasi yang dianggap mudah dan sesuai seleranya. Aplikasi ini adalah salah satu rekomendasi bagi guru.

Kelebihan dari explee adalah:

Kita bercerita tentang pelajaran seperti bercerita kartun sehingga tak ada kesan menggurui, juga ada efek menggambar karakter dan menulis teks dilayar.

Mudah dan praktis, setiap scene ada karakter dan momen yang mewakili tinggal kita sesuaikan

Untuk siswa media ini menarik, seperti menonton kartun.

kelemahan media video animasi explee ini adalah :

Berbayar , trial hanya 14 hari seperti masa lock down saat ini. Tp bisa dilanjut. Gunakan akun lain.

Hanya berupa kartun, tidak ada gerakan hidup.

Warna kaku. Hanya layar putih. Tulisan hitam.

Waktu videonya terbatas hitungan menit. Kecuali berbayar. Saya belum tahu. Belum mencobanya

Langkah membuat video animasi explee adalah:

Buka aplikasi Explee pada laman Google

Ada pilihan untuk masuk secara gratis pertama kali (trial 14 hari) lumayan 14 hari di rumah bisa membuat banyak media animsi, klik sign up Menggunakan akun Google, Facebook, Microsoft office 365, atau email lainnya.

Pilih peran anda karena kita guru pilih sebagai "Teacher".

Selanjutnya akan diminta mengisi kelengkapan data yaitu sekolah tempat mengajar dan jenjang usia

Bagi pengguna pertama Klik "create first video". Sedangkan untuk pengguna yang pernah masuk akun Explee klik "create my account"

Pada layar dasbor ada pilihan pembayaran, karena kita ingin gratis langsung buat "New video" selanjutnya klik "oke let's go" dan "i'm ready"

Add a picture atau tambahkan gambar pada library dengan cara drag and drop pada scene

Edit animasi untuk menambahkan efek title, sub judul serta mengatur judul size dan warna.

Modifikasi tulisan dengan size atau ukuran yang diinginkan.

Add Music untuk menambah suara video yang dibuat.

Setelah selesai eksport video tersebut.

Untuk video pertama anda di beri waktu 4 menit. Video selanjutnya bisa bertambah jadi 8 menit. Dst

Setelah di eksport. Kembali ke my video, selanjutnya bisa di download atau langsung di share ke media sosial lainnya. Seperti FB, In, tweeter, dan sebagainya. Untuk share ke WhatsApp pada group kopy link nya. klik kanan paste.

Demikian tulisan singkat saya. Semoga bermanfaat. Silahkan mencoba, semoga menyukai media pembelajaran ini. Amin Ya Rabbal Alamin, Terimakasih atas partisipasinya.

Ini contoh vide httpsbuatan saya, ://explee.com/video/nk79v8q,

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap

26 Mar
Balas

Terimakasih pak apresiasi.

26 Mar



search

New Post