Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Animasi HandWriting pada PowerPoint

Membuat Animasi HandWriting pada PowerPoint

 

#Tantangan Gurusiana

#Hari Ke 62

 

Membuat animasi HandWriting pada presentasi tentunya menarik, karena memberikan kesan spesial dan unik. Aplikasi animasi online, seperti PowToon, dan Explee. Sebenarnya bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi offline seperti PowerPoint.

Kelebihannya menggunakan PowerPoint adalah: 

Tidak membutuhkan jaringan sehingga bebas pulsa dan sinyal

Sederhana dan mudah dipelajari

Cukup menarik dan unik.

Tidak membutuhkan banyak aplikasi

 

Buka Microsoft PowerPoint anda. Pilih Blank presentation

 

 

Delet area judul dan sub judul sehingga layar kosong. Caranya drag dari atas sampai ke bawah dan klik delete.

 

Untuk memulainya klik Tab Insert pilih text box. Tulis teks pada area kosong, ukuran dan bentuknya sesuai keinginan

 

Tambahkan gambar tangan bentuk file PNG caranya download dulu gambar tangan dan pilih file yang didownload klik kanan copy dan simpan pada PowerPoint sedang dikerjakan

 

Jika masih dalam bentuk jpg, masih terlihat background dari gambar. Maka hilangkan dengan pilih Tab Format dan remove background.secara otomatis akan berwarna ungu. 

 

Untuk mengembalikan bagian yang hilang agar tangan yang kita inginkan rapi, klik ikon tambah " Mark areas to keep". Atau "Mark areas to remove". Jika selesai kita klik tanda centang" keep change"

Atur posisi tangan jangan sampai menutupi text.

 

Membuat animasi tangan pilih Tab"animation" klik panah more. Pilih "motion paths" berupa garis. Paling bawah kanan pilih "custom path"

Atur animation Panel. Jadikan gambar maupun text menjadi start with previous.

Atur keduanya: start 0 end 3 second (sesuai keinginan)

 

Selesai menulis gambar tangan menghilang caranya klik Gambar tangan, pilih  Tab "animation" pilih "add animations" pilih " exit", sesuaikan dengan keinginan.

Tambahkan gambar yang mendukung judul, tempatkan gambar pada bagian belakang (send to back). Atau lakukan hal yang sama menggambar dengan Handwriting.

 

Untuk mengecek apakah sudah sesuai yang kita harapkan klik preview atau play store all pada "animation pane"

 

Demikian cara membuat animasi tulis tangan (handwriting) pada PowerPoint. Semoga bisa dipraktekkan dan bermanfaat bagi semuanya. Amin Ya Rabbal Alamin. Terima kasih atas perhatiannya assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aduuuh lolaa euuum pengen praktek langsung dg dirimu...kapan ya musibah ini berakhir dan kita bisa nyerap ilmu Umi secara langsung..

17 Apr
Balas

ayo atuh, ya lah nanti setelah musibah dan corona pergi kembali keasalnya. hehe, makasih say

17 Apr

Aamiin...Mksh bu..

17 Apr
Balas

terimakasih kembali atas apresiasinya bu

17 Apr

Keren buk, saya yang sangat kurang di bidang ilmu ini sangat terbantu, semoga kedepannya saya bisa ya buk, makasih banyak ibuk

01 May
Balas



search

New Post