Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Presentasi Cepat dan Mudah menggunakan Emaze

Membuat Presentasi Cepat dan Mudah menggunakan Emaze

Membuat Presentasi Mudah dan Cepat dengan Emaze

# Tantangan Gurusiana

# Hari ke 75

Mengenal Emaze

Saat melaksanakan pembelajaran, perlu mengingat untuk menggunakan media pembelajaran, agar konten pelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan menyenangkan. Oleh sebab itu saya kali ini akan mengenalkan salah satu media presentasi lain, selain yang sudah kita kenal seperti, Powerpoint, Microsoft Sway atau Google Slide.

Terkadang saat menggunakan Microsoft PowerPoint guru sulit men-setting tampilan slide, karena keterbatasan ide, dan sulit mengatur animasi karena tidak tersedia otomatis tetapi harus di pilih dulu. Disamping itu juga template yang tersedia masih kosong antara slide satu dengan slide lainnya. Sehingga membuat sebuah powerpoint membutuhkan perencanaan yang lama dan pengerjaan yang lama pula.

Kita bisa juga menggunakan aplikasi sejenis PowerPoint lain, karena memang banyak tersedia secara online, hanya saja, masih terpisah, tidak otomatis mengatur waktu tampilan dan bentuk animasinya tidak otomatis ada.

Untuk tulisan ini sebuah solusi bagi guru agar dapat menggunakan Emaze untuk membuat presentasi yang menarik dan diingat para siswa. Emaze adalah software presentasi online yang dibuat dengan teknologi html5. Penggunanya dapat membuat, menentukan dan membagikan presentasi mereka melalui cloud-based SaaSsystem. Tak hanya buat guru, siswa pun dapat menggunakan alat ini untuk membuat presentasi dengan berbagai topik.

Kelebihan Emaze adalah:

· Pengoprasiannya mudah dan simple

· Tampilannya menarik dengan berbagai bentuk gambar dan tulisan

· Template tersedia secara full, dan banyak pilihannya

· Dapat di publikasikan secara langsung melalui berbagai bentuk web

· Mudah mendownloadnya

· Fitur-fiturnya lengkap

· Ada pilihan gratis, selain berbayar dengan beberapa model berbayar

· Produk yang dibuat tersimpan dalam akun Emaze atau pada perangkat anda

Kelemahan Emaze adalah;

· Pengoprasiannya harus online

· Bahasa Indonesia belum tersedia

· Kendala kuota dan jaringan

Langkah-langkahnya adalah :

· Searching pada laman google, ketik saja : “Emaze presentasi login”

· Registasi menggunakan akun google atau akun Facebook, klik “sighn up”

· Buat presentasi emaze baru dengan cara klik “Create”

· Akan ada pilihan inginnya membuat emaze yang bagaimana. Pilihannya : presentasi, web, blog, e-card, photo album. Pilih satu, misalnya pilih presentasi. Atau pilih web, masuk pada web. atau jika punya blog anda bisa pilih blog, sekaligus buat konten blog anda.

· Pilih salah satu template yang tersedia.

· Untuk mengoprasikannya sama dengan membuat Powerpoint, hanya saja kelebihannya, emaze menyediakan template setiap slide, dengan pilihan yang banyak, tinggal edit, merubah bentuk, ukuran, warna, dan waktu tayangan yang beragam , kita tinggal memilih sesuai selera.

Untuk merubah bagian gambar, text atau bentuk, caranya mengklik bagian yang ingin di ubah, akan muncul berbagai pilihan

· Produk Emaze dapat disimpan secara ofline dan bentuk, PPT, PDF, Video

· Jika ingin di share, ada beberapa pilihan seperti, web, blog, Instagram, E-Card, dan Facebook

· Untuk pengguna Emaze yang sudah pernah membuat produk emaze, dapat melihat Kembali dengan cara login emaze, dengan cara klik “Home”, dan Klik “My”

Demikianlah paparan saya tentang sebuah aplikasi membuat Presentasi yang bagus, menarik dan mudah. Semoga bisa di jadikan inspirasi bagi semuanya. Teimakasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

keren mbak. Terima kasih ilmunya

15:36
Balas

Terimakasih kembali, Bunda Ari atas apresiasinya

15:38

Trimaksh bu, mantap. Khawatir aja ketika sing up dg google mintanya izin melihat drive dan chanel youtube kita. Gimana caranya menghindari permintaan izin ini bu

15:45
Balas

ibu silahkan follow akun saya. insyaAllah bs dibuka kapan saja, atau nanti saya kirim link blog saya pribadi. terimakasih bu Ummi.

15:56
Balas



search

New Post