Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Video Menggunakan PowerPoint

Membuat Video Menggunakan PowerPoint

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 58

Membuat video sepertinya sulit karena membutuhkan aplikasi yang cukup rumit, terutama bagi pemula, apalagi terkendala dengan suara, watermark dan sebagainnya. Sebagai guru sebenarnya membuat video penting sebagai media dan bahan ajar. Guru dapat mudah membuatnya dengan memanfaatkan PowerPoint yang kita punya hanya tinggal merubah ke dalam bentuk video pembelajaran. Kita cukup menggunakan PowerPoint tersebut dan setelan di dalamnya tidak perlu menambahkan aplikasi lain.

Kelebihan membuat Video dengan PowerPoint adalah :

Aplikasi offline yg tidak menggunakan jaringan internet Tidak perlu memiliki aplikasi maker video Bisa menggunakan materi-materi yang sudah ada tinggal ditambahkan narasi dari narasumber atau guru Relatif lebih cepat dan mudah Audience bisa mengamati materi sekaligus narasi singkat Narasumber atau guru Selain itu bisa ditambahkan media berupa gambar, video dan rekam layar computer. Dengan screen recording untuk merekam layar computer kita seperti merekam tampilan Sebagian Youtube yang dibutuhkan untuk pembelajaran , jadi tidak perlu menggunakan aplikasi lain tinggal pilih batas layar yang kita record.

Kelemahan Membuat Video Dengan PowertPoint:

1. Sederhana sekali, sehingga fitur tidak lengkap.

2. Tampilan berupa photo, text dan grafik yang bergerak, tidak berupa video hidup.

3. Jadi tergantung kemampuan pembuat powertPoint, jika hasilnya sederhana maka Video yang dibuat menggunakan PowertPoint tersebut juga sederhana, jika hasilnya menarik, maka tampilan videonya pun menarik juga.

4. Narrator kesulitan mengatur audio, karena tidak bisa di gunting, dan disambung sambung hasil rekamannya.

5. Layanan music opening, dan video opening harus menggunakan hasil rekaman pada perangkat, karena tidak tersedia pada PowerPoint.

Langkah membuat video menggunakan power point adalah:

Siapkan power point yang sudah jadi berisi tentang materi yang mau disampaikan. Untuk membuat video klik "slide show"

Pilih toolbar "set up" kemudian pilih menu " Set Up Slide Show"

Pilih toolbar "set up show" pilih "presented by speaker full screen" agar tampilannya layar penuh dan bisa ditambahkan speaker atau suara Pilih opsi show( show option) dengan mencentang, atau tidak : Tampilan terus-menerus sampai selesai (Loop continuously until esc), tampilan tanpa narasi (Show without narration), non aktifkan akselerasi perangkat keras (Disable Hardware Graphics Acceleration) Untuk menambahkan pointer atau pulpen bisa pilih warna yang disukai misalnya nya merah atau hitam. Pilih slide yang ditampilkan (show slide): semua (all), atau dari nomor berapa sampai nomor berapa. Tampilan bisa dengan manual (manually) atau menggunakan waktu yang sudah disetel (using timing if present) Pembawa acara atau narasumber bisa ditampilkan videonya dengan klik "Use presenter view"

Sebelum merekam narator atau pemateri bisa mencobanya dahulu dengan melatih waktu yang sesuai klik saja "rehearse timings" Sebelum merekam narator atau pemateri bisa mencobanya dahulu dengan melatih waktu yang sesuai klik saja "rehearse timings" Kita bisa menambahkan narasi dengan cara centang play narrations selain itu juga bisa menambahkan waktu tampilan dari presentasi kita dan bisa kita gunakan show media controls
setelah kita mengetahui berapa waktu yang akan kita buat dan narasi apa yang sudah kita setting kemudian tahap berikutnya adalah merekam slide dengan tambahan yang kita butuhkan seperti narasi (recording slide show). Pilih juga tampilan slide dengan menggunakan waktu animasi (slide and animations timings) serta pilih narrations in laser pointer jika kita butuhkan saat menjelaskan materi pada PowerPoint tersebut. jika sudah terpilih dua hal tersebut maka mulai dengan klik 'start recording" Jika selesai merekam klik pada keyboard "ESC" Hasil rekaman dapat disimpan dengan klik Menu Toolbar "File" memilih save As dan simpan kedalam lokasi perangkat yang dipilih dan dalam bentuk " windows media video".

Demikian paparan saya tentang Pemanfaatan Powerpoint dalam pembuatan Video Pembelajaran. Semoga bermanfaat, amin ya Robbal alamin, terimakasih atas perhatiannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post