Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengajar anak Kuliahan

Mengajar anak Kuliahan

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 61

Hari ini belum terpikirkan aku harus menulis apa pada tantangan Gurusiana, apalagi anakku yang sudah kuliah tahun terakhir di FKIP PPKN meminta waktuku untuk menjelaskan materi kuliah metodologi penelitian.

Kegiatan belajar jarak jauh dirumah saja juga dialami oleh anak-anakku yang masih kuliah salah satunya Abang Daffa.

Tak kusangkang masih penuh juga di kepalaku tentang materi metodologi penelitian. Untungnya selama ini aku membuat laporan penelitian tindakan kelas secara mandiri. Ilmu yang digunakan dalam pembuatan penelitian tindakan kelas selama ini ternyata dapat dimanfaatkan juga untuk mengajarkan anakku. Dia bertanya beberapa hal tentang Bagaimana merancang penelitian.

Sebenarnya anakku sudah punya bukunya tapi sayang bukunya utuh bersih alias jarang disentuh. Akhirnya aku buka kembali buku-buku tersebut.

Menurutnya lebih suka dijelaskan oleh Umi karena lebih mengerti dari pada membaca buku. sebagai orang tua yang baik tentunya harus kuturuti kemauannya apalagi hal seperti ini sedikit menguji kemampuanku. Aku tertantang untuk menjelaskan kepadanya.

Pertanyaan pertamanya: "bagaimana menentukan metode penelitian"? Aku menjawab kamu ingin, jika kamu ingin menguji rumusan hipotesis dengan menggunakan instrumen-instrumen penelitian yang dapat dianalisis sesuai dengan variabel pada judul, maka pilihlah "Metode kuantitatif'. Namun jika merupakan sebuah jawaban sementara bersifat holistik (KBBI: fenomena sosial suatu kejadian bio-sosial) yang bersifat teori dan ingin teori tersebut dikaji secara mendalam maka pilihlah "metode kualitatif". Akhirnya anakku memilih yang mudah baginya yaitu metode kuantitatif

Pertanyaannya keduanya "apa itu variabel". Dalam sebuah penelitian terutama untuk skripsi dibutuhkan dua variabel yaitu: "variabel terikat" sebagai stimulus (Dependen) dan "variabel bebas" sebagai akibat dari stimulus (independen), tapi kata anakku istilah dari dosennya variabel dan sub variabel.

Pertanyaan ke-tiga darinya adalah "Bagaimana menuliskan judul". aku tanyakan hal apa yang menarik baginya?, karena kebetulan dia sudah pernah mengajar maka judulnya mengarah pada judul PTK. Jawabanku adalah judul terdiri dari tiga hal yaitu: kesatu ada variabel, kedua ada objek penelitian dan ketiga ada lokasi penelitian. Akhirnya anakku membuat judul: "Penggunaan TIK dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Materi Norma dan Keadilan di Kelas VII SMP Negeri 2 Telukjambe Barat".

Pertanyaan berikutnya Bagaimana cara mendeskripsikan permasalahan. Jawaban ku padanya, silakan ambil masalah yang ada di kelas dan tulis apa saja masalah yang ada saat mengajar. Akhirnya dia mengambil 4 permasalahan antara lain: nilai siswa pada raport semester sebelumnya nya kurang dari 60 atau di bawah KKM, siswa belum mampu menggunakan Teknologi dan informatika dalam pembelajaran, pembelajaran PPKN dianggap membosankan dilihat dari minat belajar siswa, sebagai guru anakku masih menganggap pembelajaran masih banyak verbal.

Pertanyaan anakku yang berikutnya adalah bagaimana merumuskan permasalahan pada penelitian. Jawabanku kepadanya, dengan pilihan-pilihan permasalahan yang menurutnya sering muncul pada saat pembelajaran. Pilih dua pertanyaan yang digunakan sebagai variabel bebas atau stimulus dan variabel terikat atau au akibat dari stimulus tersebut. Akhirnya dia menyimpulkan bahwa permasalahannya: " Apakah pembelajaran menggunakan TIK dapat meningkatkan prestasi belajar PPKN materi norma dan keadilan di kelas VII C SMP Negeri 2 Telukjambe Barat?.

Selesai dalam waktu 1 jam aku menjelaskannya, tapi kemudian saat aku ingin menambahkan penjelasan berikutnya, katanya "cukup umi, kepala Abang sudah penuh, lain kali lagi ya?, nanti semua yang dijelaskan kalau terlalu banyak bisa keluar lagi". Dengan tertawa aku mengatakan "iya sayangku. Semoga kamu sukses dan bisa mengikuti ujian dengan nilai yang baik amin".

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengajarkan kepada bapak dan ibu sebagai guru. Kali ini hanya sekedar bercerita tentang aktivitas PSBB hari ini mengjarkan anak kuliahan, yang bagi saya suatu yang menarik dan luar biasa.

Selama ini aku sebagai guru SMP beranggapan ilmu Saya tidak sebanding dengan ilmu di perkuliahan, tapi ternyata Alhamdulillah ilmu saya masih berguna bagi anak saya yang sudah kuliah. Semoga bermanfaat untukmu nak dan semoga bermanfaat juga untuk yang lain Amin ya robbal alamin.

Sumber :

Sugiyono, Metodelogi Penelitian, Alfabeta, Bandung, 2017

Sumber: Kamus Bahasa Indonesia edisi elektronik (Pusat Bahasa, 2008)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ummi kerenn bisa dampingi anak kuliahan belajar. Lha aku ? C Andre matakuliahnya integral sama kalkulus, manalah ngerti awakkk.

15 Apr
Balas

Iya Bu masalahnya sebenarnya ada buku tapi dia tidak mau baca jadi aku yang baca dan jelaskan sama dia

15 Apr



search

New Post