Dra. Sitti Aisyah, M.Pd.

Aku adalah seorang guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Telukjambe Barat, keseharianku selain menjadi guru IPS juga pembantu kepala sekolah bidang kurikulum. Pada...

Selengkapnya
Navigasi Web
Screen Area PC Dengan Cepat

Screen Area PC Dengan Cepat

Screen Area PC Dengan Cepat

#Tantangan Gurusiana

#Hari ke 65

Saat kita menulis sebuah buku, cerita, atau bahkan soal-soal, terkendala dengan memasukkan gambar pada tulisan, mengatur posisi, bentuk dan ukuran gambar. Padahal gambar merupakan hal penting dalam sebuah tulisan, gambar merupakan tampilan dari tulisan kita agar si pembaca memahami maksud tulisan kita, apalagi pada pembuatan soal, gambar adalah salah satu stimulus, agar soal menjadi HOTS.

Untuk itu tulisan ini sengaja dibuat bagi guru yang sering menulis, laporan, makalah, PTK, artikel, instrumen soal yang membutuhkan gambar.

Saya sering mendengar keluhan dari beberapa teman guru yang kesulitan memasukkan gambar dengan cepat, saat mendownload gambar lama dan gambar yang dihasilkan pun tidak rapi, ada tulisan tanda author pada bawah atau atas, oleh sebab itu saya berbagi Bagaimana memasukkan gambar layar laptop atau PC, ke dalam tulisan kita secara cepat dan rapi, bahkan ke dalam aplikasi quiz Online sebagai media gambar untuk kuis.

Pada kesempatan ini saya merekomendasikan untuk mendownload aplikasi lightshot, untuk membantu screen layar PC dengan cepat dan lengkap ditambah penanda.

Kelebihan dari aplikasi lightshot untuk PC atau laptop adalah:

Fiturnya lengkap, bisa ditambahkan: pena, garis, tanda panah, persegi, text, warna, juga bisa disimpan ke dalam perangkat kita, disalin, dicetak langsung (print), bisa mencari gambar yang mirip pada Google, berbagi kepada jaringan sosial dan mengunggahnya dalam bentuk print screen.

Aplikasi gratis

Penggunaannya sederhana include pada “prt sc sysrq” yang ada pada keyboard

Memudahkan menambah media gambar cepat dan praktis.

tidak membutuhkan banyak aplikasi paint

Langkahnya adalah sebagai berikut

Download lightshot untuk PC atau laptop, Aplikasi ini gratis. setelah di download, Install beberapa saat. aplikasi ini otomatis dapat digunakan saat mengklik keyboard "prt sc sysrq".

Langkahnya adalah sebagai berikut

Download lighshot untuk PC atau laptop, Aplikasi ini gratis. setelah di download, Install beberapa saat. aplikasi ini otomatis dapat digunakan saat mengklik keyboard "prt sc sysrq".

2. Mulai tangkap Layar, misalnya kita buka gambar yang kita cari pada laman web atau soal yang sudah disiapkan berisi gambar. Kita kopi print atau simpan. Tangkap layar dengan cara klik pada keyboard "prt sc sysrq".

3. Saat area gambar dipilih, fitur- fitur "lightshot" akan muncul pada area tersebut. Pilih penanda yang dibutuhkan.

4. Memasukkan pada dokumen yang kita buat. Paste hasilnya. Sedangkan Untuk memasukkan ke dalam aplikasi soal seperti google formulir, quizizz dan sebagainya, kita simpan dulu pada perangkat, kemudian upload untuk stimulus soal yang kita buat.

Demikianlah cara menambahkan gambar pada dokumen secara cepat dan mudah, semoga bermanfaat bagi semuanya. Amin ya robbal alamin. Terima kasih atas perhatiannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

20 Apr
Balas

Terimakasih Bu atas apresiasinya

21 Apr

Terimakasih Bu atas apresiasinya

21 Apr



search

New Post