Dra. SUPARTIK, M.Pd.

Alumni Magister Pendidikan Dasar Unimed 2012 Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi / TK Negeri Pembina Kec. Padang Hilir Kota Tebing Tinggi...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membangun Karakter Anak Melalui Bernyani.

Hari ini 6 Maret 2023, cuara cerah sekali, secerah wajah-wajah anak TK. Negeri Pembina Kec. Pdg. Hilir Kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. Seperti biasa setiap hari Senin anak-anak melaksanakan upacara. Untuk menanamkan kata sakti " Maaf, Tolong, Terimakasih dan Permisi ". Setiap hari kata tersebut diulang- ulang. Pengilangan diberikan melalui bernyanyi. Aktialisasi dari pembelajaran melalui bernyanyi dapat dilihat dari bebera anak yang selama ini jarang bersuara. Raja anak yang paling sukar berbicara apalagi meminta tolong kini benar-benar berubah. Pernah suatu hari Raja berusaha membuka tutup botol minumnya, namun walau sudah berusa sekuat tenaga tutup botol tidak terbuka, saya terus memperhatikan tindakan apa selanjutnya yang akan diambbil. Ternyata Raja rela tidak minum dari pada harus meminta tolong. " Sini ibu bantu buka tutup botolnya", ujar saya sembari mendekatinya. Raja mengulurkan botol tanpa menatap saya. menunggu reaksi Raja setelah menerima kembali botol yang saya berikan. Tanpa ada basa basi Raja meminum dan menutup kembali botolnya dan menyiman di tasnya.

Dan itu kerap dilakukan Raja dan bebera anak yang lainnya. Hari ini Raja menjadi pemimpin Upacara, saat slempangnya terlepas dari pundaknya, Raja berlari mendekati salah seorang guru, denan sopan Raja meminta tolong ibu gguru membenarkan selempangnya. Saya tertegun menaaksikan peristiwa itu. Ternyata kata sakti yang diaarkan guru melalui bernyanyi masuk ke sanubarinya. Disamping anak mudah memahami bernyanyi juga dapat membat seseorang bahagia. Mari kita bersatu padu menjadikan anak bahagia. Bahaga dapat menjadi gerbang untuk menjadikan anak peembelajar tangguh.

Jayalah Negeriku Bahagialah Bangsaku.

Tebing Tinggi,

6 Maret 2023.

Supartik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post