Kompetensi Pedagogik (3)
T. 98
Dalam menilai pengatahuan dan keterampilan kompetensi pedagogiik guru, seorang pengawas sekolah dapat mengamati bagaimana guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang diterapkannya dalam menjalankan tugas belajar dan mengajar. Guru sangat penting mempelajari teori-teori belajar untuk dapat maju dan berkembang serta dapat memecahkan masalah-masalah yang ditemukan dalam setiap bidang. Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik juga akan membantu guru dalam menentukan keputusan-keputusan yang akan diambil dalam merancang pembelajaran di kelasnya. Pengambilan keputusan instruksional akan berdampak positif pada hasil belajar siswa.. Pengambilan keputusan yang benar bergantung pada konteks dimana persoalan tersebut muncul, tujuan yang ingin dicapai guru, dan faktor lainnya yang akan dinilai harus dijelaskan dengan tepat.Kualitas, ketepatan dan kemanfaatan teori-teori belajar yang dimiliki guru akan menentukan keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya.
Piaget menjelaskan bahwa teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dapat membantu guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan tahap kesiapan belajarnya masing-masing. Kesiapan tersebut disesuaikan dengan setiap tahap perkembangan dan cara yang sesuai dengan kemampuan kognitif siswa sehingga siswa dapat membangun ide-ide atau konsep berdasarkan pengetahuan baru yang ada dan dapat mempresentasikan apa yang ada dalam pikiran mereka (Bruner, 1999).
Guru perlu merancang strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran yang efektif. Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran. Guru dapat menentukan strategi, pendekatan, model atau metode pembelajaran yang relevan dalam mencapai tujuan pembelajaran, memudahkan pemahaman siswa, sesuai dengan tingkat perkembangannya (kognitif, afektif, dan psikomotor), serta menyesuaikannya dengan alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan kebutuhan belajar siswa.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar