Dr. Atikah Sari, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Learning Trajectory (Lintasan Belajar)

T. 118

Untuk membantu siswa dalam belajar dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman, dan perkembangan cara berpikir siswa, diperlukan sebuah pemahaman mendalam tentang lintasan belajar (learning Trajectory). Learning trajectory adalah alur atau lintasan belajar yang dirancang untuk membantu siswa mencapai suatu kompetensi tertentu secara bertahap dan sistematis.

Manfaat learning trajectory dalam pembelajaran adalah akan membantu guru dalam memahami alur pemikiran siswa. Guru akan mempertimbangkan cara berpikir dan cara belajar siswa yang didapatkan dari hasil refleksi. Guru kemudian mendesain dan menciptakan suasana serta lingkungan belajar yang dapat membantu siswa membangun pemikirannya sendiri dan menggunakan nalarnya sehingga mendorong mereka mencapai tujuan yang diharapkan.

Perencanaan yang dibuat oleh guru akan lebih efektif sehingga guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru akan menyajikan pembelajaran yang PAKEM. Guru akan memulai pembelajaran mulai dari yang mudah kepada yang sulit, dari yang sempit kepada yang lebih luas, dari yang sederhana kepada yang lebih kompleks. Hal ini akan membantu memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga iharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Learning trajectory juga akan membantu guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Guru akan dapat memberikan bantuan yang tepat kepada siswa yang mengalami kesulitan.

Ada tiga komponen learning trajectory, yaitu: (1) tujuan pembelajaran (learning goals). Yaitu tujuan yang akan dicapai (Capaian Pembelajaran); (2) membangun kemajuan pemahaman siswa. (learning prograssion). Dimulai secara bertahap, dari yang mudah kepada yang sulit, dari yang dekat kepada yang lebuh luas, dari yang sederhana kepada yang lebih kompleks; (3) strategi atau pendekatan aktivitas pembelajaran (learning task). Aktivitas yang dirancang guru yang memudahkan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri sesuai dengan kemampuannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post