Dra. TUTIK HARYANTINI

Sukoharjo kota kelahiranku, tepatnya tgl 03 Januari 1966. Alumni Universitas Sebelas maret angkatan 1984. Sekarang Tinggal di Rangkasbitung, Kab. Lebak, Prov Ba...

Selengkapnya
Navigasi Web
HOME VISIT KALA PANDEMI

HOME VISIT KALA PANDEMI

Home Visit Kala Pandemi

#MediaGuruIndonesia

#Gurusiana

#Menulis hari ke 5

Home Visit Kala Pandemi

#MediaGuruIndonesia

#Gurusiana

#Menulis hari ke 5

Sudah tujuh bulan, tepatnya mulai tanggal 16 Maret 2020, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau istilahnya Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan di Sekolah termasuk di SMA Negeri 3 Rangkasbitung. Selama pelaksanaan PJJ ada kendala yang dihadapi baik itu oleh guru, peserta didik maupun orang tua peserta didik. Ada keluhan dari para guru masalah kehadiran peserta didik, keterlambatan mengikuti daring, keterlambatan mengumpulkan tugas bahkan ada juga yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Dari peserta didik sendiri masih mengeluh HPnya rusak, Hilang, tidak ada jaringan internet.

Berdasarkan beberapa permasalahan yang muncul saya selaku guru BK mengadakan kolaborasi dengan guru mata pelajaran maupun dengan wali kelas untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang peserta didi. Dengan adanya data yang lengkapdapat menandai peserta didik yang di duga bermasalah. dan dapat menentukan siapa saja perlu ditindak lanjuti dengan kegiatan home visit.

Home visi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperolah berbagai keterangan (data) yang lebih lengkap dan akurat untuk keperluan pemahaman lingkungan dan permasalahan peserta didik untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan peserta didik. Secara umum dengan home visit dapat memperoleh data kondisi orang tua , dapat mengetahui fasilitas yang disediakan oleh orang tua yang ada di rumah, hubungan antar keluarga, sikap dan kebiasaan anak di rumah. Dengan melakukan home visit dapat digunakan untuk mencocokkan data yang sebelumnya telah diperoleh dari guru/Wali kelas maupun peserta didik. Selain itu dengan home visi dapat untuk mengkomunikasikan kepada orang tua tentang permasalahan yang sedang dihadapi peserta didikserta untuk membangun komitmen orang tua terhadap pembahasan dan pengentasan permasalahan peserta didik.

Setelah dilaksanakan kegiatan home visit, perlu adanya evaluasi, baik itu evaluasi terhadap kelengkapan dan keakuratan data hasil yang diperoleh selama home visit, serta evaluasi tentang komitmen orang tua peserta didik, selanjutnya dianalisis dijadikan bahan untuk digunakan dalam rangka pengentasan masalah peserta didik. semoga dengan dilaksanakan home visit permasalahan peserta didik cepat terselesaikan

Rangkasbitung, 24 Oktober 2020, 23.11

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap mbak Tutik Haryantini

27 Oct
Balas

Semangat bu Tutik

24 Oct
Balas

Ya begitulah bu, salah satu tugas BK

29 Oct
Balas

Permasalahan yang sama semoga kita selalu semangat

31 Oct
Balas



search

New Post