Dra. Yenni Putri, MM

Dra. Yenni Putri, MM, akrab dipanggil dengan bunda yenni, lahir diPadang, Smatera Barat, hobbi membaca dan menulis, motto, berbuat...

Selengkapnya
Navigasi Web
ORANG TUA DI SEKOLAH

ORANG TUA DI SEKOLAH

Keterlibatan orang tua disekolah sangat berpengaruh pada kemajuan pendidikan saat sekarang, istilah keren sekarang Parenting Education karena orang tua merupakan faktor yang paling utama dalam memberikan dukungan terhadap anak untuk lebih maju, Orang tua mengharapkan anaknya sekolah di sekolah yang kualitas sekolahnya lebih bagus, sekolah yang bagus tersebut tentu ada kerjasama dengan orang tua dalam meningkatkan kualitas sekolah.

Pendidikan keluarga adalah pendidikan yang paling utama dalam merubah sikap dan perilaku seorang anak untuk menuju masa depan yang lebih baik, keluarga merupakan ujung tombak dalam memotivasi anaknya dalam belajar dan berinteraksi dengan lingkungan.

Sedang viral di media sosial saat ini seorang siswa yang tega memukul gurunya hingga meninggal dunia karena alasan yang sepele ditegur saat belajar oleh guru dan tidak didengar, guru marah lalu guru dipukul dikelas sementara siswa lain hanya melihat dan pulang sekolah guru tersebut masih ditunggu untuk diulang pukul akibat dari pemukulan itu guru tersebut mengalami mati tulang leher dan tidak bisa diselamatkan, siswa yang memukul juga diketahui anak salah seorang pejabat, kemungkinan orang tua sibuk dengan pekerjaan, sampai dirumah sudah letih dan kurang kontrol dengan perkembangan si anak, masih banyak lagi kasus lain yang kita lihat seperti LGBT, pornografi, sex bebas, bullying, narkoba, merokok, tawuran, ngebut dijalan raya, tidak pakai helm, kurang disiplin, dan kurang peduli terhadap lingkungan, tetapi ada juga situasi di rumah tidak mencerminkan kebiasaan-kebiasaan baik.

Berdasarkan kenyataan masih ada sebagian orang tua menyerahkan pendidikan anaknya pada sekolah, datang kesekolah hanya pada saat penerimaan rapor dan kalau tidak di wajibkan orang tua maka orang tua tidak datang kesekolah, apabila diundang rapat komite orang tua yang hadir hanya 10 % sehingga pengumuman yang disampai oleh sekolah seperti syarat untuk naik kelas dan peraturan sekolah orang tua tidak tahu, ada juga beberapa siswa yang tidak memberikan undangan sekolah pada orang tua karena takut atau malu kalau orang tua datang kesekolah.

Dalam kamus Inggris-Indonesia Parenting Education merupakan keterlibatan orang terhadap pendidikan anaknya, manfaat keterlibat orang tua terhadap anaknya disekolah antara lain meningkatkan disiplin anak disekolah, mengurangi bullying, meningkatkan karakter anak, meningkatkan kerajinan anak dalam belajar, meningkatkan prestasi akademik anak, memotivasi anak melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi, meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan anak, meningkatkan pemahaman anak terhadap harapan orang tua, orang tua bangga dengan keberhasilan, meningkatkan kepuasan orang tua terhadap sekolah, mendukung iklim sekolah yang lebih baik, meningkatkan semangat kerja guru, mendukung kemajuan sekolah secara keseluruhan.

Bentuk kegiatan yang dilakukan orang tua disekolah antara lain pertemuan orang tua dengan pihak sekolah khusus wali kelas dalam menjelaskan agenda sekolah selama 1 tahun dan aturan sekolah, pembentukan paguyuban kelas, menjadi nara sumber disekolah, menghadiri kegiatan sekolah seperti bazar, pentas seni, dan lain-lain.

Keterlibatan orang tua disekolah yang saya pimpin antara lain paguyuban kelas dengan kegiatan pertemuan orang tua dengan sekolah atau walikelas sekali sebulan , orang tua memberikan sumbangan untuk melengkapi sarana prasarana kelas tempat anaknya belajar supaya nyaman dan menyenangkan selama berada disekolah, memberikan motivasi pada anak-anak dengan menjadi nara sumber, ikut terlibat dengan kegiatan anak-anak seperti bazar kewiruasahaan , memperingati hari besar Nasional, memberikan motivasi pada anak-anak untuk rajin belajar dan mentaati peraturan sekolah.

Semoga semua warga sekolah memahami parenting education, mari kita ciptakan sekolah dan rumah sebagai tempat yang aman, nyaman, ramah, bersih, dan menyenangkan bagi anak-anak.

ORANG TUA MEMBERIKAN BANTUAN BIBIT KE SISWA

ORANG TUA MENGHADIRI PEMBUKAAN BAZAR PKWU

ORANG TUA MEMBERIKAN SAMBUTAN DI ACARA PKWU

ORANG TUA MENJADI NARA SUMBER

ORANG TUA MENGHADIRI KEGIATAN PKWU

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post