drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Destinasi Wisata Belgia (1)
koleksi pribadi

Destinasi Wisata Belgia (1)

Atomium Brussels

 

 

Ada beberpa tempat yang iconik di Belgia, diantaranya adalah Atomium Brussels yang terletak di Place de I’Atomium 1, 1020 Bruxelles, Belgia. Atomium merupakan sembilan bola raksasa  yang unik dan futuristik mirip seperti ikatan kimia atom. Atomium memiliki tinggi  103 meter ini awalnya dibangun pada tahun 1957 dalam rangka pameran dunia, Expo ’58. Arsitekturnya adalah André Polak dan Jean Polak. 

 

Atomium memiliki sembilan buah bola baja berdiameter 18 meter ini dihubungkan dengan eskalator dalam silinder-silinder mencapai 114,8 kaki sehingga Atomium ini dapat dimasuki. Jendela di bola paling atas menyajikan pemandangan kota Brussels, sedangkan bola yang lain menampilkan ekshibisi tahun 1950-an, kecuali tiga buah bola yang tertutup bagi pengunjung karena tidak memiliki penyangga vertikal. 

 

Bola-bola raksasa pada atomium dapat tegak berdiri hanya bertumpu pada satu bola utama saja ditambah 3 tiang penunjang. Awalnya hanya untuk dekorasi pameran, tapi ternyata masyarakat Brussels merasa sayang untuk membongkar Atomium, karena mereka terkesan dengan komposisi arsitekturnya yang sangat mengagumkan dan menjadi simbol kemajuan teknologi saat itu. Akhirnya, atomium ini pun menjadi bangunan permanen sampai sekarang dan tentu saja dengan mengganti beberapa materialnya. Renovasi yang menghabiskan dana 27 juta Euro telah dilakukan 2004 silam dengan mengganti bagian aluminium menjadi baja tahan karat. Atomium sudah lolos uji ketahanan angin 80 km/jam dan dibuka kembali untuk umum pada awal 2007. Atomium buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 (sebelum pandemi Covid-19).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow...keren

23 Apr
Balas

Terima kasih banyak Bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallahu...

23 Apr

Keren Dok

23 Apr
Balas

Terima kasih banyak Dok Yudi. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallahu...

23 Apr

Mantap dokter. ,

22 Apr
Balas

Terima kasih banyak Dok Rizal. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallahu...

23 Apr



search

New Post