drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (1)

Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (1)

SNI ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi

 

 

Sistem Manajemen Mutu Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 berkaitan erat dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Pengaruh ISO 9001:2015 terhadap SNI ISO/IEC 17025:2017 pada:

Pendekatan struktur berbasis proses. Adanya pemisahan persyaratan struktur sumber daya dan proses/teknis pengujian/kalibrasi.

Pemikiran dan tindakan berbasis resiko. Memperhatikan resiko dan peluang sehingga lebih fleksibel dalam persyaratan proses dan dokumentasi.

Sistem Manajemen Mutu Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 merupakan perubahan dari SNI ISO/IEC 17025:2005. Ada beberapa perbedaan antara SNI ISO/IEC 17025:2005 terhadap SNI ISO/IEC 17025:2017.

SNI ISO/IEC 17025:2005 terdiri dari pengantar, pendahuluan, ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, persyaratan manajemen, persyaratan teknis, lampiran dan pustaka. SNI ISO/IEC 17025:2017 terdiri dari pengantar, pendahuluan, ruang lingkup, acuan normatif, istilah dan definisi, persyaratan umum, persyaratan struktur, persyaratan sumber daya, persyaratan proses, persyaratan manajemen, opsi A dan B, lampiran A dan B, diakhiri dengan pustaka. Perbedaan pada persyaratan, jika pada SNI ISO/IEC 17025:2005 terdiri dari 2 (dua) persyaratan yaitu persyaratan manajemen dan persyartan teknis sedangkan SNI ISO/IEC 17025:2017 terdiri dari 4 (empat) persyaratan yaitu persyaratan struktur, persyaratan sumber daya, persyaratan proses dan persyaratan manajemen. Sistem Manajemen Mutu Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 memiliki 4 pendekatan proses yaitu proses manajemen, pendukung, teknis dan pengukuran sistem.

 

Bagaimanakah klausul-klausul persyaratan? Ada pada bagian selanjutnya.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Paparan yang pasti sangat bermanfaat. Terutama bagi penyelenggara laboratorium yang hendak memenuhi persyaratan manajemen sesuai standar ISO. Mantap, Bunsay.

02 May
Balas

Terima kasih banyak Enin atas kunjungan dan supportnya. Salam literasi dan sukses selalu

05 May

mantap keren cadas... ulasan keren menewen...salam literasi dari Banyumas

02 May
Balas

Terima kasih Bapak atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu.

02 May



search

New Post