drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (3)

Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (3)

SNI ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi

Bagian sebelumnya telah menjelaskan tentang klausul 1 dan 2. Klausul 3 berisi tentang istilah dan definisi diantaranya ketidakberpihakan/ impartiality merupakan istilah baru dalam SNI 17025:2017, keluhan (complaint), perbandingan antar-laboratorium (interlaboratory comparison) perbandingan dalam-laboratorium (intralaboratory comparison) uji profisiensi (proficiency testing), laboratorium (laboratory), aturan keputusan (decision rule), verifikasi (verification) dan validasi (validation).

Ketidakberpihakan. Adanya obyektifitas. Obyektifitas merupakan tidak adanya bentursn kepentingan atau diselesaikannya benturan kepentingan sehingga tidak berpengaruh buruk pada kegiatan laboratorium selanjutnya. Istilah lain untuk menyampaikan unsur ketidakberpihakan adalah kemandirian, bebas benturan kepentingan, bebas dari bias, tanpa prasangka, netralitas, keterbukaan pemikiran, kewaspadaan dan keseimbangan.

Keluhan. Keluhan merupakan ekspresi ketidakpuasan oleh orang atau organisasi manapun terhadap lab. berkaitan dengan kegiatan atau hasil laboratorium yang mengharapkan tanggapan.

Perbandingan antar-laboratorium. Perbandingan antar-laboratorium merupakan pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengukuran atau pengujian pada barang yang sama atau serupa oleh dua atau lebih laboratorium sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan

Perbandingan dalam-laboratorium. Perbandingan dalam-laboratorium merupakan pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengukuran atau pengujian pada barang yang sama atau serupa, di dalam laboratorium yang sama, sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan

Uji profisiensi.Uji profisiensi merupakan evaluasi kinerja peserta terhadap kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya dengan cara perbandingan antar-laboratorium

Laboratorium. Laboratorium merupakan badan yang melakukan satu atau beberapa kegiatan yaitu pengujian, kalibrasi dan pengambilan contoh (sampling), terkait dengan pengujian atau kalibrasi. Aturan keputusan. Aturan keputusan merupakan aturan yang menjelaskan cara ketidakpastian pengukuran diperhitungkan ketika menyatakan kesesuaian dengan persyaratan yang ditentukan.

Verifikasi. Verifikasi merupakan penyediaan bukti objektif bahwa barang tertentu memenuhi persyaratan yang ditentukan. Catatan: barang dapat berupa, sbg. contoh, proses, prosedur pengukuran, bahan, senyawa, atau sistem pengukuran.

Contoh:

Konfirmasi bahwa suatu bahan acuan homogen sampai porsi pengukuran dengan massa 10 mg sesuai dengan homogenitas yang diklaim untuk nilai besaran dan prosedur tertentu.

Konfirmasi bahwa kinerja atau persyaratan legal suatu sistem pengukuran tercapai.

Konfirmasi bahwa ketidakpastian pengukuran yang ditargetkan dapat dipenuhi.

Validasi. Validasi adalah verifikasi bahwa persyaratan yang dinyatakan mencukupi untuk suatu penggunaan tertentu. Contoh: suatu prosedur pengukuran, yang biasanya digunakan untuk pengukuran konsentrasi massa nitrogen dalam air, dapat divalidasi juga untuk pengukuran konsentrasi massa nitrogen dalam serum darah primata.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bu dokter. Salam literasi

00:52
Balas

Terima kasih Bapak atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu

11:42

Keren ulasannya bu dokter

12:15
Balas

Terima kasih Bu Tarti atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu

13:03

Silahkan dilanjut , salam kenal

03 May
Balas

Terima kasih Bu atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu.

00:15

Keren habis Dok

04:34
Balas

Terima kasih Dok atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu

11:43

Keren habis Dok

04:34
Balas

Terima kasih Dok atas kunjungannya. Salam literasi dan sukses selalu

11:43



search

New Post