drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (4)

Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (4)

SNI ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi

Klausul 4 (empat) tentang persyaratan umum. Persyaratan ini menguraikan tentang ketidakberpihakan dan kerahasiaan. Laboratorium wajib memastikan ketidakberpihakan dan menjamin kerahasiaan.

Klausul 4.1. Ketidakberpihakan.Kegiatan laboratorium harus dilakukan secara tidak memihak dan terstruktur dan dikelola untuk menjaga ketidakberpihakan. Manajemen laboratorium harus berkomitmen terhadap ketidakberpihakan. Laboratorium harus bertanggung jawab atas tidak berpihakan kegiatan laboratoriumnya dan tidak boleh membiarkan tekanan komersial, finansial atau tekanan lainnya yang mengkompromikan ketidakberpihakan.

Laboratorium harus merencanakan dan menerapkan tindakan untuk mengatasi risiko dan memanfaatkan peluang. Identifikasi dan eliminasi atau minimalisasi risiko terkait ketidakberpihakan secara terus-menerus. Laboratorium harus mengidentifikasi risiko terhadap ketidakberpihakkannya secara berkelanjutan. Hal ini termasuk risiko yang ditimbulkan dari kegiatannya atau dari hubungannya atau hubungan personalnya. Jika risiko ketidakberpihakan diidentifikasi, laboratorium harus dapat menunjukkan cara menghilangkan ataumeminimalkan risiko tersebut.

Klausul 4.2. Kerahasiaan. Tanggung jawab laboratorium untuk menginformasikan pelanggan, terlebih dahulu tentang info yang akan dimuat ke ranah publik. Cara untuk menangani pelepasan informasi rahasia yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan atau pengaturan kontraktual. Persyaratan kerahasiaan juga berlaku bagi personel laboratorium, termasuk anggota komite, kontraktor, personel badan eksternal atau perorangan yang bertindak atas nama laboratorium bahkan jika info diperoleh dari sumber selain pelanggan (misal penggugat, regulator).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa..trims infonya bu dr.

05 May
Balas

Terima kasih Bapak. Salam sehat dan sukese selalu.

05 May

Luar biasa..trims infonya bu dr.

05 May
Balas

Terima kasih Bapak. Salam sehat dan sukese selalu.

05 May

Keren dan mantap tulisannya Bunda. Semoga sehat dan makin sukses. Salam literasi dari Grobogan.

05 May
Balas

Terima kasih Bunda. Salam sehat dan sukese selalu.

05 May

Tulisan yang informatif dan sangat bermanfaat. Salam sukses selalu Bu Dokter.

06 May
Balas

mantap keren cadas... uraiannya keren menewen...salam literasi dari Banyumas

05 May
Balas

Terima kasih Bapak. Salam sehat dan sukese selalu.

05 May



search

New Post