drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (5)

Awareness Sistem Manajemen Mutu Laboratorium (5)

SNI ISO/IEC 17025:2017 Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi

Bagian1-4 telah menjelaskan tentang pengaruh ISO 9001:2015 terhadap SNI ISO/IEC 17025:2017, pendekatan proses, pemikiran dan tindakan berbasis resiko. Paparan tentang pendahuluan, pembahasan per klausul SNI ISO/IEC 17025:2017 telah sampai pada klausul 4 tentang Persyaratan umum yaitu ketidakberpihakan dan kerahasiaan. Selanjunya klausul 5 tentang persyaratan struktur organisasi.

Klausul 5. Persyaratan Struktur Organisasi terdiri dari 7 butir yaitu 5.1 sampai dengan 5.7. Berikut ini merupakan penjelasan perklausul:

Klausul 5.1Laboratorium harus berbadan hukum atau bagian badannhukum tertentu sehingga dapat dimintai pertanggungjawaban seacara hukum atas kegiatan laboratorium.

Klausul 5.2Laboratorium harus menetapkan manajemen yang memiliki tanggung jawab keseluruhan laboratorium (Manajemen Laboratorium/ Pimpinan Laboratorium).

Klausul 5.3Laboratorium harus menetapkan dan mendokumentasikan lingkup aktifitasnya sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 17025:2017.

Klausul 5.4 Kegiatan laboratorium harus memenuhi persyaratan yaitu dokumen SNI ISO/IEC 17025:2017, pelanggan, regulasi otoritas dan organisasi yang diberikan pengakuan.

Klasul 5.5 sampai dengan 5.7 akan disampaikan pada bagian selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post