drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berat Kandili
Sumber: koleksi pribadi

Berat Kandili

Hari terus bergulir, tak terasa sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Sekarang sudah bulan Sya’ban. Tiba-tiba HP berdering, tampak ada WA masuk. Oh dari Abi rupanya. Abi dalam Bahasa Turki merupakan panggilan untuk kakak laki-laki. Abi mengucapkan “Berat Kandiliniz Mübarek Olsun.” Berat Kandiliniz Mübarek Olsun artinya selamat nisfu Sya’ban penuh berkah. Saya menjawab, “Allah razi olsun. Sen de. Berat Kandiliniz Mübarek Olsun.” Bulan Sya’ban merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim.

Bulan Sya’ban merupakan bulan kedelapan dalam kalender Hijriyah, bulan persiapan bagi umat Islam menuju bulan Ramadhan. Sebuah hadist yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah mengisahkan kegiatan Nabi Muhammad SAW selama bulan Sya’ban.

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

Belum pernah Nabi SAW berpuasa satu bulan yang lebih banyak daripada puasa bulan Sya'ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh,” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Salah satu keistimewaan bulan ini adalah nisfu Sya'ban. Secara etimologi, nisfu berarti pertengahan dan Sya'ban menunjukkan bulan Sya’ban. Nisfu Sya'ban berarti pertengahan bulan Sya'ban. Malam nisfu Sya'ban disebut juga sebagai lailatul bara’ah atau malam pembebasan.

Sebagaimana sebagian masyarakat Indonesia merayakan nisfu Sya’ban. Masyarakat Turki juga merayakan malam nisfu Sya'ban yang biasa disebut Baret Kandili. Tradisi perayaan Baret Kandili sudah ada sejak zaman Sultan Utsmaniyah Selim II pada abad ke-16. Tradisi ini dengan saling memberikan ucapan dan doa, memperbanyak ibadah, mendirikan sholat sunnah, berdoa, memperbanyak membaca Al Qur’an dan merayakannya di masjid-masjid. Tahun ini Masjid Aya Sofya juga menyelanggarakan perayaan Baret Kandili.

Gambar di atas merupakan Perayaan Berat Kandilli di Masjid Aya Sofya. (Sumber: Lider TV,28 Maret 2021)

Selamat merayakan nisfu Sya'ban bagi yang merayakan. Berat Kandiliniz Mübarek Olsun.

Catatan:

Allah razi olsun artinya Allah memberkati.

Allah razi olsun diucapkan sebagai ungkapan terima kasih dengan tingkatan lebih tinggi dari tesekkur ederim.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren tulisannya Bu dokter, bertambah lagi perbendahaaran tentang peringatan nisfu sya'ban di Turki, luar biasa, barokallah semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memperbanyak amal kebajikan di malam nisfu sya'ban kali ini

28 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Pak atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu....

28 Mar

Amiiin... ulasan yg bagus dok

28 Mar
Balas

Terima kasih banyak Dok atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu....

28 Mar

Terima kasih banyak Dok atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu....

28 Mar

Mantap Dok....luar biasa

29 Mar
Balas

Terima kasih banyak Dok atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu....

29 Mar

Keren ulasannya dok. Jadi mau bljar bahasa turki jadinya... ,

29 Mar
Balas

Terima kasih banyak Dok atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu....

29 Mar



search

New Post