drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMUPUKAN ANGGREK DENGAN CINTA
Sumber: klikhappyorchid

PEMUPUKAN ANGGREK DENGAN CINTA

Pemupukan merupakan upaya menyediakan nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan dan produktifitas anggrek. Pemupukan perlu memilih jenis, dosis, waktu dan cara yang tepat untuk hasil yang optimal. Memastikan kandungan nutrisi, diproduksi oleh perusahaan yang terdaftar, kemasan baik, belum kedaluwarsa dan kondisi pupuk tidak rusak harus dilakukan sebelum melakukan pemupukan.

Pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk majemuk lengkap yang mengandung unsur makro (NPK) yang diperkaya dengan unsur mikro B, Fe, Zn, Ca, Co, Cu, Mg, Mn, Mo, S. Pemberian pupuk dilakukan sesuai dengan fase tumbuhnya. 

Pemupukan anggrek fase benih

Pemupukan anggrek fase benih dalam compot s.d seedling, menggunakan pupuk dengan kandungan N lebih tinggi dibanding kandungan P dan K. Masing-masing produk pupuk memiliki kandungan maupun perbandingan yang berbeda. Antara lain NPK dengan perbandingan 25 : 5 : 20; atau 20 : 15 : 15; atau 30 : 10 : 10. Fase pertumbuhan benih compot diberikan 1⁄2 dosis anjuran. 

Pemupukan anggrek fase remaja s.d dewasa

Pemupukan anggrek fase remaja s.d dewasa menggunakan pupuk dengan kandungan NPK seimbang, seperti perbandingan NPK 20 : 20 : 20; atau 21: 21 : 21. 

Pemupukan fase pertumbuhan tanaman dewasa s.d berbunga,

Pemupukan fase pertumbuhan tanaman dewasa s/d berbunga, menggunakan pupuk dengan kandungan P tinggi dibanding N dan K. Antara lain dapat menggunakan perbandingan NPK 10 : 40 : 15. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memuuk anggrek:

Dosis pemupukan

Dosis pemupukan antara 1 s.d gram per liter air bersih. Air yang digunakan untuk pemupukan memiliki pH sekitar 6-7.

Frekuensi pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan seminggu dua kali. Pemupukan fase benih dalam compot yang baru ditanam, dilakukan pemupukan satu bulan setelah tanam

Waktu pemupukan

Waktu yang baik untuk melakukan pemupukan yaitu pagi (pukul 06.00 s.d 08.00) atau sore (pukul 16.00 s.d 18.00)

Cara Pemupukan

Cara pemupukan dilakukan dengan menyemprotkan larutan pupuk dalam bentuk butiran lembut atau kabut ke seluruh bagian tanaman terutama permukaan daun bagian bawah dan media tanam hingga basah. Penyemprotan pupuk dilakukan dengan jarak nozle/titik semprot dengan tanaman sekitar satu meter. 

Peralatan 

Peralatan yang telah digunakan dalam keadaan bersih dan bebas dari jamur.

Pemupukan tambahan

Pemupukan tambahan dapat dilakukan dengan pemberian pupuk slow release dalam bentuk butiran yang diberikan ke dalam media tanam. 

Dosis diberikan sekitar 1-2 gram per pot atau sesuai yang tertulis dalam label kemasan. 

Pemupukanslow release untuk kebutuhan sekitar 4-6 bulan, sesuai label. Komposisi kandungan pupuk disesuaikan kebutuhan fase pertumbuhan. 

Pencatatan 

Setiap pemupukan dilakukan pencatatan. Pencatatan tersebut meliputi tanggal, jenis pupuk, dosis dan identitas anggrek.

Cinta

Lakukan pemupukan dengan cinta dan kasih sayang pada anggrek karena mereka mengerti dan akan tumbuh dengan baik. Ini penting. Rayakanlah!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bu dokter. Salam literasi

24 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bapak. Sukses selalu dan salam literasi

24 Mar

Wow, keren dok. Aku baru tahu ada jenis pemupukan cinta. Sukses selalu dan barakallahu fiik

24 Mar
Balas

Aamiin. Terima kasih banyak Bunda. Sukses selalu dan salam literasi

24 Mar

Keren sekali ulasannya Bunda. Sangat bermanfaat.

24 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bunda. Sukses selalu dan salam literasi

25 Mar

Luar biasa ya, pemupukan harus teliti dan cermat hingga dicatat tanggalnya. Lebih-lebih dengan pemupukan cinta. Wow itu lebih hebat lagi. Bagaimana takaran cintanya Bu Dokter?

24 Mar
Balas

Hehehe, sepenuh hati Enin. Biasanya sambil diajak ngomong Enin. Sehat ya, besok berbunga ya, hehehe. Terima kasih banyak Enin atas kunjungan dan supportnya. Sukses selalu dan salam literasi.

25 Mar

Ilmu yang bermanfaat. makasih sudh berbagi.

28 Mar
Balas

Artikel bermanfaat. Saya belum berhasil merawat anggrek, Bu.

24 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bapak. Boleh lho Pak dikunjungi, tulisan saya sebelumnya tentang merawat anggrek juga. Sukses selalu dan salam literasi.

24 Mar

Cakep bu. Tambah ilmu

25 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bunda. Sukses selalu dan salam literasi

25 Mar

Mantab Bu, ulasannya. Sangat bermanfaat. Saya suka aneka bunga dan tanaman hias. saya jg suka nggrek kalau sudah berbunga. Tapi setelahnya Ndak bisa ngrawatnya. Ini punya anggrek bulan dari Ramadhan kemarin mau tiba ramadhan lagi, belum jg keluar bunganya.mungkin cintaku sama anggrek belum sampai ke hati

25 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bunda atas kunjungan dan dukungannya. Yuk berkebun anggrek lagi. Semoga berhasil. Aamiin. Sukses selalu dan salam literasi

26 Mar

Terima kasih banyak Bunda atas kunjungan dan dukungannya. Yuk berkebun anggrek lagi. Semoga berhasil. Aamiin. Sukses selalu dan salam literasi

26 Mar

Mantab Bu, ulasannya. Sangat bermanfaat. Saya suka aneka bunga dan tanaman hias. saya jg suka nggrek kalau sudah berbunga. Tapi setelahnya Ndak bisa ngrawatnya. Ini punya anggrek bulan dari Ramadhan kemarin mau tiba ramadhan lagi, belum jg keluar bunganya.mungkin cintaku sama anggrek belum sampai ke hati

25 Mar
Balas

Izin Share dok. Sangat bermanfaat untuk penggemar anggrek

24 Mar
Balas

Injjih, monggo Dok. Terima kasih banyak Dok Rizal. Sukses selalu dan salam literasi

24 Mar

Mantap bu, makasih bu pencerahaannya

27 Mar
Balas

Mantabs mbak

24 Mar
Balas

Waah Ibu, matur nuwun sanget. Apa kabar Ibu, di Italy sudah mulai musim semi njjih. Senantiasa sehat dan bahagia selalu Ibu.

24 Mar



search

New Post