drh. Ratri P. Wiryakusuma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Wedang Uwuh
Sumber: koleksi pribadi

Wedang Uwuh

Wedang umuh merupakan minuman tradisional berkhasiat menjaga kesehatan yang berasal dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Secara etimologi, wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman. Sedangkan uwuh berarti sampah. Adapun sampah yang dimaksud adalah sampah dedaunan. Wedang uwuh mengandung dedaunan kering dan rempah-rempah.

Wedang uwuh ini dipercaya dapat mengatasi masuk angin, mengatasi masalah perut kembung, menghilangkan capek, menyegarkan badan, melancarkan sirkulasi darah, kaya akan antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Wedang uwuh terdiri dari jahe, kayu secang, cengkih, bunga cengkih, daun cengkih, kayu manis, daun kayu manis, pala, daun pala, sereh, kapulaga dan gula baru.

Jahe

Jahe memiliki rasa pedas yang khas, menimbulkan rasa hangat di badan. Jahe bersifat antikoagulan (anti penggumpalan darah) mencegah penyumbatan pembuluh darah. Jahe juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati.

Kayu Secang

Kayu secang memberikan warna merah pada minuman. Kayu secang merupakan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah dan melegakan pernafasan.

Cengkih, bunga cengkih dan daun cengkih

Cengkih memiliki khasiat mengatasi sakit gigi, sinusitis, kembung, mual, muntah, radang lambung, batuk dan lain-lain. Bunga cengkih (Syzygium aromaticum) mengandung eugenol, asam oleanolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, resin dan gom.

Kayu manis dan daun kayu manis

Kayu manis dan daun kayu manis memiliki rasa dan aroma yang khas, membuat rasa menjadi lebih nikmat. Banyak herbalis meyakini bahwa campuran jahe dan kayu manis berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya tinggi. Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari kayu manis yaitu sakit perut, kembung, sakit kepala, kelelahan dan kelebihan berat badan.

Jerry D. Gray dalam bukunya yang berjudul Rasulullah is My Doctor menjelaskan bahwa kombinasi kayu manis dan madu dapat mengatasi sakit maag, persoalan perut lainnya dan menurunkan berat bedan.

Pala dan daun pala

Buah pala dan daun pala memiliki keharuman yang khas. Kandungan kimia flavonoid, saponin dan polifenol pada pala dapat mengatasi batuk berlendir, membantu pencernaan, penghilang kejang otot, menghilangkan nyeri, mengobati masuk angin, insomnia, melancarkan sirkulasi darah, karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah karena masuk angin), nyeri haid, reumatik dan lain-lain.

Sereh

Akar sereh sejak memiliki khasiat sebagai peluruh urin, peluruh keringat, peluruh dahak/obat batuk dan penghangat badan. Daun sereh dapat digunakan sebagai peluruh angin perut, penambah nafsu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.

Kapulaga

Kapulaga adalah jenis rempah yang memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Rempah ini sering digunakan sebagai penguat rasa dan aroma masakan.Kapulaga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengatasi masalah pencernaan, mencegah bau mulut dan mengandung antioksidan

Gula batu

Gula batu memberikan rasa manis yang khas tanpa menghilangkan aroma dan citarasa asli bahan-bahan ramuan wedang uwuh.

Wedang uwuh lebih nikmat disajikan dalam keadan hangat. Wedang uwuh cocok diminum saat pandemi seperti sekarang ini untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Selamat menikmati kehangatan dan manfaat wedang uwuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

sangat informatif...terimakasih ilmunya, salam sukses selalu

27 Mar
Balas

Terima kasih banyak Bunda Rita atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu. Barakallahu..

28 Mar

wahh...seger nih wedang uwuh. mantab, dok

27 Mar
Balas

Terima kasih banyak Dok Ija atas kunjungan dan dukungannya. Sehat dan sukses selalu Dok. Barakallahu....

27 Mar

Terimakasih dok. Informatif bgt.

27 Mar
Balas

Terima kasih banyak Dok Rizal atas kunjungan dan like-nya. Sehat dan sukses selalu Dok. Barakallahu....

27 Mar



search

New Post