drh. Rifki Nugroho

Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga Surabaya PNS dan Praktisi berpengalaman 18 tahun di Hewan Besar, Hewan Kecil dan Perunggasan Hobby Adventure trail,...

Selengkapnya
Navigasi Web
AKTIVITAS SEHAT DIKALA PANDEMI COVID-19
Tak terasa lebih dari sepuluh bulan sejak kasus pertama covid-19 diumumkan di Indonesia pada 2 Maret 2020 oleh presiden Joko Widodo. Sejak saat itu semua hal yang biasa kita lakukan harus berubah menyesuaikan. Pembatasan aktivitas masyarakat pun dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengendalikan penyebaran covid-19. Tentunya hal ini juga berpengaruh pada aktivitas yang biasa kita lakukan. Bagi yang biasa sekolah atau kuliah secara tatap muka harus merubah pola menjadi dalam jaringan (online). Kantor-kantor pun menyesuaikan diri dengan cara bekerja dari rumah atau dengan sistem masuk secara bergantian hari ke kantor.

AKTIVITAS SEHAT DIKALA PANDEMI COVID-19

Tak terasa lebih dari sepuluh bulan sejak kasus pertama covid-19 diumumkan di Indonesia pada 2 Maret 2020 oleh presiden Joko Widodo. Sejak saat itu semua hal yang biasa kita lakukan harus berubah menyesuaikan. Pembatasan aktivitas masyarakat pun dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengendalikan penyebaran covid-19. Tentunya hal ini juga berpengaruh pada aktivitas yang biasa kita lakukan. Bagi yang biasa sekolah atau kuliah secara tatap muka harus merubah pola menjadi dalam jaringan (online). Kantor-kantor pun menyesuaikan diri dengan cara bekerja dari rumah atau dengan sistem masuk secara bergantian hari ke kantor.

Covid-19 sangat besar dampaknya pada bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. Kinerja ekonomi yang melemah ini turut pula berdampak pada situasi ketenagakerjaan di Indonesia. Banyak perusahaan yang padat karya mulai melakukan PHK terhadap karyawannya demi efisiensi beban operasional perusahaan. Di jalan-jalan para pelaku ojek dan taksi online semua mengeluh karena jumlah pemakai jasanya yang terus turun. Dengan kondisi seperti saat ini, kita yang masih tetap bekerja tentu wajib bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. Saya pribadi sangat bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Nya bahwa sebagai PNS saya masih dapat bekerja dan mendapatkan penghasilan rutin bulanan. Terlebih lagi nikmat kesehatan yang selama ini terkadang kita lupa untuk mensyukurinya.

Untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi maka kita juga perlu melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur. Sebaiknya kita menyediakan waktu khusus olahraga, bukan sekedar jika ada waktu senggang. Sebab, menurut WHO sendiri untuk aktivitas fisik mematok minimal 150 menit per minggu. Untuk frekuensi, olahraga sebaiknya dilakukan sebanyak 3-5 kali seminggu. Meski begitu, di sela-sela itu orang harus tetap melakukan aktivitas fisik lainnya, seperti mencuci piring, menyapu lantai dan pekerjaan yang rutin dilakukan setiap hari. Olahraga yang dapat dilakukan antara lain berenang, lari, bersepeda dan olahraga lainnya, tetapi yang penting dua kali seminggu harus ada olahraga yang angkat beban, dan sebelum olahraga yang terpenting lakukan pemanasan dan pendinginan sesudahnya.

Jangan lupa soal penggunaan masker di era pandemi Covid-19 saat ini, terutama jika kita melakukannya di area publik. Aktivitas fisik yang kita lakukan akan seperti olahraga, jalan cepat atau pidato akan membuat masker mudah basah. Dengan kondisi masker basah maka ia akan kehilangan fungsinya. Oleh karena itu, jika mulai lembab sebaiknya masker segera diganti. Jika seseorang memakai masker kain dan tidak banyak bicara dan hanya beraktivitas biasa maka masker tersebut bisa tahan dipakai hingga 4 jam. Tapi jika kita berolahraga maka setiap 30 menit harus berganti masker agar masker tidak kehilangan fungsinya.

Selamat beraktivitas fisik dan salam sehat selalu.

Kalor, 3 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap dok, saya suka

03 Jan
Balas

Makasih Dok

03 Jan

Makasih Dok

03 Jan

Sangat bernanfaat dok. Sukses selalu

03 Jan
Balas

Terimakasih

03 Jan

Ikutan tantangan donk... semangat

03 Jan
Balas

Ya diusahakan dok. Kadangkala rutinitas yang padat membuat blm bisa menulis tiap hari

03 Jan



search

New Post