drh. Rifki Nugroho

Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga Surabaya PNS dan Praktisi berpengalaman 18 tahun di Hewan Besar, Hewan Kecil dan Perunggasan Hobby Adventure trail,...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal beberapa istilah medis yang sering digunakan oleh para dokter dalam berkomunikasi
Mengenal beberapa istilah yang sering digunakan oleh dokter (dokter umum, dokter gigi atau dokter hewan) yang perlu diketahui agar masyarakat luas bisa memahami dan berinteraksi dengan baik saat berkunjung ke dokter

Mengenal beberapa istilah medis yang sering digunakan oleh para dokter dalam berkomunikasi

Seringkali saat berkunjung dan berobat ke dokter, baik dokter umum, dokter gigi ataupun dokter hewan kita mendengar istilah yang lazim digunakan oleh para dokter tersebut.

Agar kita bisa mengerti dan memahami apakah yang dimaksud oleh dokter tersebut, alangkah baiknya jika kita membaca artikel ini untuk mengetahui beberapa istilah tersebut.

1. Anamnesis : suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dokter dengan klien/pasien sebagai bentuk pemeriksaan awal. Tujuannya untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya tentang penyakit yang diderita dan keluhan yang dirasakan klien/pasien. Juga untuk mendapatkan informasi lain yang dibutuhkan oleh seorang dokter sehingga dapat memberikan gambaran petunjuk yang akan mengarah pada diagnosis. Wawancara ini bisa dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung kepada orang yang bersangkutan (biasanya pada dokter atau dokter gigi) atau bisa juga kepada orang lain yang dianggap tahu dan bisa dikorek informasinya (biasanya pada dokter anak atau dokter hewan).

2. Diagnosis : penentuan jenis penyakit berdasarkan pada anamnesis, gejala yang timbul, pemeriksaan fisik dan jika diperlukan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan lain yang mendukung seorang dokter untuk menetapkan diagnosis. Pemeriksaan yang lazim dilakukan adalah pemeriksaan darah, urine, x-ray, USG dan lain sebagainya tergantung jenis penyakitnya. Pemeriksaan penunjang ini perlu dilakukan sehingga seorang dokter dapat mendiagnosis suatu penyakit lebih akurat.

3. Prognosis : perkiraan dari kemungkinan hasil akhir dari diagnosis dokter. Dalam dunia kedokteran, ada tiga prognosis yang digunakan yaitu :- fausta yang berarti bahwa kemungkinan besar akan bisa disembuhkan, - dubius : kemungkinan sembuh 50% dan infausta : kemungkinan akan sembuh kecil. Prognosis biasanya disampaikan oleh seorang dokter kepada klien/pasien ketika akan melakukan tindakan medis. Terkadang karena pertimbangan tertentu, prognosis ini disampaikan kepada Keluarga pasien jika dikuatirkan terjadi dampak psikologis jika disampaikan secara langsung kepada pasien yang bersangkutan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi masyarakat sebagai sedikit informasi untuk mengetahui tentang profesi dokter, karena sebenarnya sangat banyak istilah lain yang lazim kami pakai.

Kalor, 1 Desember 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah, ilmu yang bermanfaat, ini. Terimakasih Dokter sudah berbagi

03 Dec
Balas

Trims dok. Udah mengingatkan kembali.

02 Dec
Balas

Makasih dok

01 Dec
Balas

Terimakasih sudah mampir

02 Dec



search

New Post