Drs. Zainuddin, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA

BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA

Bahasa mencerminkan bangsa, bukan hanya itu bahasa juga mencerminlan watak seseorang. "Dengan bahasa kita bisa mengetahui karakter seseorang, apakah dia sopan, kasar, tegas atau lemah". Begitu ApaLah menceramhi saya pada suatu ketika.

Benar juga, melihat situasi gaduh akibat covid 19 di kampung ApaLah, baru kita tau bahwa aparat kampung yg mencla - mencle, plintat plintut, ngawur dalam berbicara. Bahasa sebagai alat komunikasi susah di mengerti, bahasa yg digunakan mubazir dan tidak tegas. Contohnya : mudik dilarang, tapi pulang kampung boleh. Keluar rumah dilarang, tapi klo ada keperluan boleh. Harga barang bukan naik, tapi disesuaikan.

Di masa pandemi ini, banyak sekali aparat kampung ApaLah menggunakan bhs yang sulit di mengerti oleh warga, sehingga warga serba salah. Ada seorang kepala aparat ngomongnya seperti ini : BLT itu Bantuan Lama Tibanya, jadi warga jangan bentar2 nanya atau nagih. Ada lagi kepala aparat yg lain, yang ngajak berdamai dg wabah. Waduuhh... ada warga yg tepuk jidat tak paham. Di lain waktu kepala aparat ngomong, "PSBB itu bukan pelarangan tapi bebas melakukan apa saja, namun ada 'tapinya', asal tapi itu bisa dipenuhi maka PSBB itu menjadi "Pembatasan Semua Bebas Berbuat"...

Dalam hati warga, "klo pemimpin saja kebingungan mengkomunikasikan pelaksanaan PSBB, apalagi rakyatnya". PSBB ini sepertinya akan berakhir dengan Pembatasan Sosial Berskala Bingung. Begitulah..... Bahasa menunjukkan bangsa..

Bireuen 17 Ramadhan 1441 H.

10 Mai 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul

10 May
Balas

Berarti tdk salah...

10 May



search

New Post