Dwiana novitasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Guruku Tersayang (tantangan menulis hari ke 9)

Guruku Tersayang (tantangan menulis hari ke 9)

Ketika saya menjadi murid,  terlebih masa SMA,  saya dan teman teman bagaikan staf ahli penilai dewan guru. Kami mempunyai guru kesayangan  dengan keunggulan berdasarkan pendapat kami masing-masing

Kriteria unggul menurut masing-masing dari kami memang berbeda, namun dapat diambil kesimpulan bahwa guru yang kami suka diantaranya adalah guru yang dapat menjaga penampilannya,  bukan berarti guru itu harus ganteng atau cantik,  apalagi sampai dandan berlebih bak artis.  Namun guru yang selalu berpakaian rapi dan serasi serta pantas dikenakan saat mengajar. Guru yang berpenampilan sederhana namun menarik menjadi idola kami. 

Selain penampilan,  guru yang disiplin juga merupakan sifat unggul yang menjadi kriteria guru kesayangan.  Baik disiplin terhadap waktu juga disiplin terhadap aturan yang berlaku.  Termasuk disiplin dalam memeriksa tugas atau PR yang diberikan.  Karena ada juga guru yang rajin memberi tugas namun tidak pernah di koreksi atau dinilai. 

Menguasai materi adalah kriteria selanjutnya.  Guru yang menguasai materi mempunyai nilai tambah dimana murid-muridnya. Guru tersebut menyampaikan materi tanpa selalu melihat buku pegangan atau LKS.  

Humoris, juga merupakan kriteria guru idola murid.  Namun tidak juga harus seperti pelawak yang melucu  dari awal sampai akhir hingga materi yang seharusnya disampaikan menjadi terlewati.  Mungkin sekali dua kali murid senang,  namun jika selalu seperti itu, muridpun akan menyadari bahwa tujuan belajar tidak akan tercapai. 

Cara mengajar yang tidak monoton adalah kriteria selanjutnya.  Guru yang cara mengejarnya begitu begitu saja otomatis akan membuat siswa bosan.  Terlebih jika ada guru yang masih hobi menyuruh siswa menyalin catatan dari buku yang ia punya. Istilah bapak saya CBSA,  (catat bahan sampai abis).

Ramah dan responsif adalah sifat yang paling menentukan guru disukai siswa atau tidak.  Walalupun dia berpenampilan menarik,  menguasai materi,  pandai mengimprovisasi cara mengajar namun tidak ramah dan tidak responsif terhadap siswa,  maka siswa tidak akan berani berkomunikasi dan berinteraksi. 

Kriteria-kriteria di atas adalah menurut saya dan teman teman saat SMA.  Sedangkan sekarang jaman sudah berubah.  Entah seperti apa kriteria guru yang baik menurut muridnya. 
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah...kriterianya banyak amat guru idolanya. Pasti jadi inspirasi

09 Jul
Balas

Hi hi hi... Pengennya yg ideal.. Tapi jarang jarang yaaa

09 Jul

keren ibu.. Sukses selalu

09 Jul
Balas

Trimakasih

09 Jul

Mantal Bun..

09 Jul
Balas

Terimakasih..

09 Jul

Guru idolanya banyak berarti. Bagiku guru matematika keren. Ganteng dan cantik. Giru fisika hebat kalau mgasih tugas bikin kita terpaksa baca materi sampai pagi. Guru biologi keren karena bisa membawa semua dalam lingkungan yg kita kenal menjadi materi pelajaran. Kalo tak tulis semua kekagumanku pada masing masing guru bisa jadi artikel hehehe

09 Jul
Balas

Guru idolanya banyak berarti. Bagiku guru matematika keren. Ganteng dan cantik. Giru fisika hebat kalau mgasih tugas bikin kita terpaksa baca materi sampai pagi. Guru biologi keren karena bisa membawa semua dalam lingkungan yg kita kenal menjadi materi pelajaran. Kalo tak tulis semua kekagumanku pada masing masing guru bisa jadi artikel hehehe

09 Jul
Balas

Iya mbaa...

09 Jul



search

New Post