Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ikan Bebulus Tauco
Koleksi Pribadi dwierde

Ikan Bebulus Tauco

Tantangan Hari Ke-78

#tantanganGurusiana

Sarine gik pagi ceput kawan kamek bu Sumiati la nawarek ikan bebulus di WA grup. Ngeliat tulisan ikan bebulus renyek juak beh nak meli. Jadi nanyak kan belau apeke ade nok ukoran gede. Dak ade kate belau, nggak ade nok sedang-sedang. Jadi aku mesan nok ukoran sedang itula. Tapi nok la dibuatek atau disiangek, base gasik malas nyiangek ikan kecik mun la te banyak. Sebenare daak banyak juak, ngga sekilo meli e.

Aku agik ngejemor cucian pakaian ada nok merik salam de pintu samping rumah. Aku tinggalkan jemoran, karne kudengar suare itu macam suare bu Sumi. Kuliat nang iyela rupenye bu Sumi la mawak ikan bebulus. Belau ke rumah kamek tek agik berantakan, muje agik ade tukang nok ngecat dinding rumah. Base la lamak dinding to dak de bedakek agik. Pulak an mimang nak diganti warnenye.

Lauda ngelakar sikit kan bu Sumi, belaupun agik nak ngantar pesanan ikan bebulus kawan-kawan lainnye. Akupun ngelanjutek ngenjemor cucian pakaian.

Lauda itu aku ke rumah belau tue ngambik daun sire idang dirik muat minuman rempa-rempa. Selain itu idang mandik anak kamek nok tengah, rencane kan balik ke Belitong sure kini.

Alhamdulillah die se keliatannye sehat. Tapi tetapla harus ikutek prosedur karantina demi kebaikan kamek sekeluarge dan mungkin urang lain. La kamek siapkan segalenye terpisah. Mau dak mau, jadi ape-ape ekstra dari biasenye.

Balik dari rumah belau tue langsung ke pasar nak meli beberape bumbu dapor nok la abis, dak kelupaan meli tauco idang masak ikan bebulus tadik.

Jadi sebenare aku nulis sarine tujuannye nak nulis resep masakan “Ikan Bebulus Tauco Ala Kamek La”. Nah ini resepnye ye...

Resep Ikan Bebulus Tauco Ala Kamek La

Bahan :

- Ikan bebulus sedang setengah kilo

- Tauco 1 butul kecik

- Cabik gede 15 ikok

- Cabik kecik 5 ikok (nak pedas detambah)

- Jahe 1 ruas jari

- Belacan 1 ruas jari

- Tomat 1 buah

- Garam kan gule paser secukupnye

- Minyak guring

Care muatnye :

1. Ikan bebulus lauda disiangek dicuci sampai berese, lalu dilumurek dengan campuran asam kan garam. Lalu diguring dan sisihkan

2. Aluskan cabik gede, cabik kecik, jahe, kan belacan. Tomat diiri-iris.

3. Tauco dicuci sampai berese, dibuang kulit arinye. Tiriskan.

4. Tumis bumbu alus dan tomat sampai masak.

5. Berik aik kire-kire dua gelas belimbing, tunggu sampai mendidih

6. Masokan ikan bebulus guring, biarkan sampai aiknye tinggal sikit, jangan kelupaan berik garam kan gule paser. Cicip kiape adekeh nok kurang.

7. La masak diangkat tarok di wadah mangkok persegi. Taraaa ..... jadila kite makan laok masak ikan bebulus tauco ala kamek la.

Itulah resep gampang debuat, tapi membuat selera makan lebe dari biasenye. Ape agik mun pedas, pakai nasik agik angat. Sedap nyeeee.....

Silakan dicube, pasti nok rajin makan tauco kan kerap muat e.

Tanjungpandan, 05042020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap yakin km bu pasti nyaman rase e, ape ag makan pakai nasik panas

06 Apr
Balas

Iye bu...anak anak srbenarnye dak suka tauco tapi kalau dimasak dgn ikan gini dimakan die

06 Apr

Waduh aku ndak bisa bahasanya

05 Apr
Balas

Waduh maaf ya bu. Sebenarnya mudah dipahami bu sedikit berbahasa melayu

06 Apr

Ikan bebulus itu sejenis ikan ap bu..

05 Apr
Balas

Mirip ikan cucut atau ikan berujung, tapi tidak ada moncong panjangnya dan dagingnya lebih lembut. Apakah ada di daerah ibu?

06 Apr

Nyaman ituuuuu Bu Dwi

06 Apr
Balas

Ye bu sedap

06 Apr

Ye bu sedap

06 Apr

Cube la bu sumi

06 Apr
Balas

Waw, iye juak variasi masak bebulus bu, yeh. Mantap, nak nyube juak

06 Apr
Balas



search

New Post