Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
PLATYCERIUM BIFURCATUM (2) Khasiat Bagi Kesehatan
Koleksi pribadi dwierde

PLATYCERIUM BIFURCATUM (2) Khasiat Bagi Kesehatan

Tantangan Hari Ke-72

#tantanganGurusianan

Setelah sebelumnya menulis mengenai morfologi tanaman paku tanduk rusa. Kali ini akan kutulis tentang manfaat tanaman paku tanduk rusa. Paku tanduk rusa biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias dikarenakan memiliki perawakan yang unik. Perawakannya yang unik karena memiliki ental (daun) fertil mirip tanduk rusa yang terbalik.

Dibalik perawakan yang unik tanaman paku tanduk rusa memiliki khasiat sebagai bahan ramuan obat herbal, karena daun tanaman paku tanduk rusa mememiliki kandungan saponin, flavonoid, dan polifenol yang baik bagi kesehatan tubuh. Dimana manfaat 3 senyawa ini adalah

- saprovin merupakan senyawa aktif yang biasanya memberikan rasa sepat pada tumbuhan dan memiliki aktivitas antibakteri,

- flavonoid adalah senyawa dengan 15 atom karbon yang berfungsi sebagai pigmen pada tanaman. Fungsi flavonoid pada tubuh manusia adalah melindungi struktur sel, meningkatkan efektifitas vitamin C, antiinflamasi dan sebagai antibiotik.

- Polivenol adalah salah satu senyawa alami, terdapat pada tanaman yang dapat melindungi tanaman dari bahaya. Begitu pula polifenol dari tumbuhan pada tubuh kita akan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, jadi polifenol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Dengan kandungan senyawa –senyawa tersebut yang berkhasiat di dalam tanaman paku tanduk rusa, maka tanaman ini bermanafaat sebagai obat herbal.

Adapun khasiat dari tanaman paku tanduk rusa antara lain :

1. Obat bisul. Daun tanaman tanduk rusa ditambah sedikit kapur sirih, lalu ditumbuk dan tempelkan untuk mengompres bisul.

2. Obat demam. Selembar daun tanaman tanduk rusa ditambah sedikit garam, lau direbus dengan segelas air sampai mendidih. Diminum 2 kali sehari’

3. Obat abses. Abses, adalah suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Caranya dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Kemudian tempelkan pada bagian tubh yang abses.

4. Obat radang rahim luar. Daun tanaman paku tanduk rusa 2-5 lembar ditumbuk dan ditambahkan minyak kayu putih secukupnya, lalu tempelkan pada bagian perut /rahim dan dililit dengan stagen.

5. Obat haid tidak teratur. 2-3 lembar daun tanaman tanduk rusa direbus dan diminum 3-4 kali sehari sebelum datang haid.

6. Selain daripada itu daun dari tanaman paku tanduk rusa dapat mengobati, kanker ovarium, antipenuaan, meningkatkan suplai darah, menurunkna tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan pemulihan otot, mengurangi osteoporosis, pengobatan diabetes, mengobati penyalit jantung, mengobati penyakit neuroeneratif.

Begitu banyak khasiat daun tanaman paku tanduk rusa. Daunnya ini bisa di buat seperti teh, dengan cara membersihkan daunnya dari kotoran dan spora. Lalu dicuci sampai bersih, dipotong-potong halus, lalu dijemur sampai kering. Apabila kita menggunakannya ambil sejumput daun kering dan seduh dengan air mendidih sebanyak satu gelas, diamkan sampai dingin dan diminum, bisa untuk 2 kali sehari.

Walaupun untuk pengobatan herbal ini dengan mudah kita dapat lakukan, tidak ada salahnya terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli medis agar tidak melebihi takaran yang disarankan.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk kita. Sekali lagi, sekecil apaupun makhluk hidup ciptaan Allah Subhanahu Wata’ala, pasti memiliki peranan bagi kehidupan makhluk lainnya.

Tanjungpandan, 30 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ternyata banyak benar bu ye manfaat paku tanduk rusa ne. Makase Bu infonye

30 Mar
Balas

Same-same bu Herni

31 Mar

Wah terima kasih informasinya. Saya baru tahu kalau tumbuhan ini sangat bemanfaat

31 Mar
Balas

Terimakasih kembali ibu, krn sudah komen

31 Mar

Tulisannya Bagus Bu

30 Mar
Balas

Teimakasih pak Sunin

31 Mar

Duluk di rumah Kampit ade buk , skrg la dak gilak teliat, trms infonye buk kire selama ini dx de manfaat e

31 Mar
Balas

Ibu juak baru tahu sewaktu nyarik materi utk KBM

31 Mar



search

New Post