Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web
PLATYCERIUM BIFURCATUM (1) Morfologi
koleksi pribadi dwierde

PLATYCERIUM BIFURCATUM (1) Morfologi

Tantangan Hari Ke-71

#tantanganGurusiana

Baru kuketahui bahwa tanaman paku tanduk rusa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini kuketahui setelah membaca di internet sewaktu aku mencari materi manfaat tumbuhan paku-pakuan, untuk kuajarkan kepada siswa kelas X. Yang kutahu selama ini tanaman paku tanduk rusa hanya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang unik. Dan pada buku-buku pegangan untuk siswapun hanya tertulis manfaatnya sebagai tanaman hias.

Andapun bisa dipastikan sama denganku sebelum membaca manfaat tanaman paku tanduk rusa pada tulisanku ini atau membaca langsung di internet atau literatur khusus tentang tumbuhan paku-pakuan mengetahui manfaatnya hanya sebagai tanaman hias.

Agar kita sama-sama mengetahui manfaat tanaman paku tanduk rusa, akan aku tulis berdasarkan literatur yang telah kubaca. Sebelum kutulis  manfaat tanaman paku tanduk rusa ini, ada baiknya terlebih dahulu kita ketahui morfologi tanaman ini.

Paku tanduk rusa adalah tumbuhan liar yang menyebar di Amerika Selatan, Afrika, Asia Tenggara, Australia, New Guinea dan negara yang beriklim tropis. Tanaman ini tumbuh dengan cara menempel atau digantungkan.Tanaman paku tanduk rusa atau di Bali dan Jawa menyebutnya simbar menjangan dan di Sunda disebut paku uncal. Adapun nama latinnya adalah Platycerium bifurcatum, yang termasuk kedalam divisi Pteridophyta, dan dari kelas Pteridopsida. Tanaman paku tanduk rusa  merupakan tanaman epifit, artinya walaupun menumpang pada tanaman lain tetapi tidak merugikan tanaman inangnya dan bisa hidup dibebatuan juga.

Ciri-ciri tanaman ini memiliki Akar yang tumbuh pada rimpang lunak namun liat dan sulit dipotong dan tumbuh pendek, cenderung tidak menjalar. Dari rimpang tumbuh dua tipe ental (daun dengan bentuk khusus), yaitu tipe daun steril melebar menutupi rimpang dan membentuk perisai, sedangkan tipe fertil menjuntai membentuk tanduk rusa yang terbalik dengan permukaan kasar mirip kulit rusa. Ental tipe steril biasanya bercangap ke atas dan dapat "menangkap" sisa-sisa daun tanaman inang sehingga menjadi humus yang terperangkap pada bagian dalam perisai. Dengan demikian ental ini memiliki fungsi sebagai pelindung rimpang, sehingga dapat menjaga kelembapan dan kelangsungan hidup dengan adanya humus. Ental yang menjuntai dapat bercabang-cabang mendua dan dapat mencapai panjang satu meter bahkan lebih. Spora terdapat dalam spoarangium dan terlindung dalam sorus yang terletak disisi bawah ental fertil. Sehingga seperti bercak-bercak coklat.  Pola dan letak sori pada ental berbeda-beda dan inilah yang membedakan satu jenis Platycernum dengan jenis lainnya.

Itulah ciri morfologi tanaman tanduk rusa dan untuk manfaatnya akan kutulis pada tulisanku berikutnya.

Glosarium :

-          Ental : bagian dari tanaman paku tanduk rusa berupa daun yang memiliki bentuk tertentu (khas)

-          Epifit : tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan pokok, tetapi tidak mengambil makanan dari tanaman inangnya.

-          Pteridopsida : kelas tumbuhan paku benar atau tumbuhan paku sejati.

-          Pteridophya : salah satu divisi tumbuhan merupakan kelompok tumbuhan paku-pakuan

-          Rimpang : modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar dibawah permukaan tanah dan dapat tumbuh tunas.

-          Sorus : kumpulan korak spora

-          Spora : alat perkembangan generatif pada tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan jamur.

-          Sporangium : kotak spora tempat spora)

Sumber : 

-          Wikipeda.com : paku tanduk rusa

-          Manfaat.co.id : manfaat daun tanduk rusa

-      www.medanbisnisdaily.com: khasiat_bagi_kesehatan

Tanjungpandan, 29 Maret 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bu Informasinya

30 Mar
Balas

Makasih ibu, info yg sangat bermanfaat

30 Mar
Balas

Iye yang berikutnya baru dotulia manfaatnya apa saja bu

30 Mar

Mantul Bu

31 Mar
Balas

Mantap Buk.aku juga baru tau...dari tulisan Ibuk

29 Mar
Balas

hahahaapa yaaa

29 Mar

Tulisan berikutnya adalah manfatnya

30 Mar



search

New Post