Dwi Rostika Dharmawati

Dwi Rostika Dharmawati, Guru SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Mengajar bidang Studi Biologi. Lahir di Tanjungpandan, 25 Januari 1964...

Selengkapnya
Navigasi Web

TUGAS ONLINE

Tantangan Hari Ke-75

$tantanganGurusiana

Masih pagi sudah ada siswa kelas X MIA.2 yang mengirim pesan pendek menanyakan tugas yang harus mereka kerjakan hari ini. Aku jawab sebentar lagi, karena masih ada yang ingin ibu kerjakan.

Memang hari ini jadwalku mengajar. Apabila dalam situasi normal kegiatan belajar mengajar hari ini Kamis, aku mengajar di kelas X MIA.2 dimulai pukul 07.00 dan di kelas X MIA.3 dimulai pukul 09.15.

Tetapi dikarena adanya Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid-19), maka siswa belajar di rumah dengan diberikan tugas secara online. Aku berencana tugas akan aku kirim nanti kira-kira pukul setengah sembilan. Agak lambat dari jadwal mengajarku, karena tugas yang aku berikan tidak langsung hari ini juga dikumpulkan.

Tepat pukul 08.30 aku sampaikan tugas untuk kelas X MIA.2 dan kelas X MIA.3 hampir bersamaan. Setelah menyampaikan tugas untuk siswa, aku melanjutkan tugas rumahan.

Sebelum pukul 11.00 pekerjaan rumah sudah selesai. Kubuka gawaiku, belum sampai waktu yang aku tentukan untuk mengirim jawaban tugas bagi siswa kelas X MIA.1 sudah ada yang mengirim jawaban tugasnya. Untuk kelas X MIA.1 tugasnya kusampaikan kemarin dan hari ini dikumpulkan. Waktu untuk mengumpulkan jawaban tugas sudah aku atur, pukul 12.00 sd 13.00 untuk nomor absen ganjil dan pukul 13.00 sd 14.00 untuk nomor urut absen genap. Hal ini diatur supaya memudahkan untuk mengecek siswa yang sudah mengumpulkan dan yang belum mengumpulkan tugasnya.

Setelah dzuhur aku cek siswa Kelas X MIA.1 yang mengumpulkan tugasnya. Ternyata sebelum waktu yang telah ditentukan habis, siswa yang mengumpulkan ada 30 orang dari 31 orang siswa dikelas tersebut. 1 orang siswa tersebut sejak pukul 12.50 sd malam ini dihubungi oleh ketua kelas tidak ada balasannya. Padahal sebelum nya aku juga menulis,”apabila ada kesulitan tolong jangan merasa segan menyampaikannya. Apapun itu.”

Siswa kelas X MIA.2 dan kelas X MIA.3 sudah ada berapa orang yang mengumpulkan padahal sudah dengan huruf kapital kutulis “MOHON TIDAK MENGIRIM JAWABAN TUGAS SEBELUM WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN.” Namanya juga anak-anak, ada aja yang ngeyel. Dikiranya lebih cepat lebih baik. Padahal pengaturan waktu itu punya tujuan.

Berdasarkan pengamatanku setelah 2 kali memberilkan tugas kepada siswa, mereka sangat antusias. Sempat heran mengetahui ada kabar, bahwa ada keluhan orangtua yang juga keluhan anaknya, karena guru banyak memberikan tugas, sampai-sampai tidak ada lagi waktu untuk beristirahat. Mudah-mudahan itu bukan siswa kami.

Tanjungpandan, 2 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah belajar daringnye berjalan lancar

03 Apr
Balas

Tetap semangat Bu

03 Apr
Balas

Iye pak makasih

03 Apr

Alhamdulilah, tetap semangat belajar

03 Apr
Balas

Mudah2an mereka tetap semangat

02 Apr
Balas

InsyaAllah asal kita tetap mengukur seberapa mampu mereka dapat mengerjakannya

03 Apr



search

New Post