dwi setyaningsih

Lahir di Wonosobo Jawa Tengah pada 8 Mei 1971. Menjadi guru adalah cita-cita sejak kecil. Pendidikan SD, SMP dan SMA di Wonosobo. Menempuh pendidikan di IKIP PG...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dapatkan Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Dapatkan Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Setiap orang pasti menginginkan selalu sehat. Ketika ada bagian tubuh yang terasa sakit maka akan mengganggu aktifitas seseorang. Kesehatan tubuh harus selalu dijaga dengan cara hidup sehat seperti rutin olah raga, makan makanan sehat dan pola hidup sehat.

Salah satu olah raga yang mudah, ringan dan murah adalah jalan kaki, tetapi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga jalan kaki ini sebaiknya dilakukan pagi hari, karena selain udara masih segar, tubuh juga masih bugar. Untuk melakukan olah raga jalan kaki diperlukan niat dan semangat yang kuat, karena biasanya orang terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan sehingga tidak ada waktu untuk olahraga.

Berjalan kaki idealnya dilakukan selama 30 menit dalam sehari dan pada waktu pagi. Tetapi bagi pemula yang memiliki niat dan semangat yang kuat sebaiknya mencoba dulu dengan berjalan kaki selama 10 menit per hari. Selanjutnya secara bertahap dilakukan dengan menambah waktunya hingga menjadi 30 menit.. Jika jalan kaki dilakukan secara rutin tiap pagi hari dengan diikuti menjalani hidup sehat maka manfaat jalan kaki akan terasa. Jalan kaki ini dilakukan tanpa dibebani pekerjaan yang lain, jadi ketika berjalan kaki benar-benar hanya berjalan kaki tanpa tujuan untuk mengerjakan yang lainnya. Lakukan jalan kaki dengan rute di sekitar tempat tinggal dalam kampung.

Manfaat jalan kaki antara lain baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol, karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah dalam tubuh dan dapat memperkuat jantung, serta membantu mengenadlikan tekanan darah.

Selain itu jalan kaki juga dapat menurunkan berat badan, karena mampu membakar kalori. Semakin cepat langkah kaki semakin banyak kalori terbakar, tetapi harus diikuti pola makan yang sehat agar dapat menjaga keseimbangan badan.

Manfaat lain jalan kaki yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi dan mencegah stress. Karena ketika berjalan kaki tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi. Jalan kaki juga dapat memperbaiki mood dan membuat tidur lebih nyenyak.

Manfaat jalan kaki sebenarnya masih banyak, tetapi dengan mengetahui sebagian manfaat tersebut lakukanlah olah raga yang murah meriah ini dengan rutin. Meluangkan waktu sedikit untuk berjalan kaki dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren banget. Luar biasa

06 May
Balas

terimakasih pak... masih latihan menulis...

06 May

Dan kebiasaan yang baik ini harus dibangun sejak awal Mengerti manfaat nya dan semangat menjalaninya

06 May
Balas

betul bu... saya sudah 5 bulan melakukan jalan pagi diawali dari terpaksa karena tensi tinggi... dan alhamdulillah berhasil... terimakasih apresiasinya..

06 May

siap jalan ke dieng..

19 May
Balas

Banyak cerita tentang manfaat jalan, dan orang yang mendapatkan manfaat itu adalah yang langsung mempraktikkan. Memang murah dan mudah. Murah karena tanpa harus mengeluarkan sepeserpun biaya, mudah karena sarana dan alat utama tidak harus membuat atau memesan di online shop, cukup ke luar rumah mengenakan kaos atau pakaian yang sesuai lalu jalan. Toh, alat utama yakni sepasang kaki sudah diberikan oleh Sang Pencipta Allah SWT. Ayo kita jalan kaki, sambil mencari inspirasi. Bu Dwi, selamat tulisannya membuat aku jadi pingin jalan-jalan, hehe...

06 May
Balas

terimakasih pak Ruwono ..... ayo jalan-jalan tiap pagi pak cukup 20 menit juga bisa....biar awet muda katanya... he.. he...

06 May

Mantap.

06 May
Balas

terimakasih bu...

06 May

Keren bu Dwi, ketemu lagi di sini hehe..

18 May
Balas

Saya jalan kakinya di dalam rumah bu.. Hehe

08 May
Balas

Masih jl.kaki terus bu dwi

08 May
Balas

selalu

21 May

Mantap..., jelas banget. Bisa untuk pembiasaan bagi siswa

06 May
Balas

ayo pak biar tidak dingin setiap pagi,,,, terimakasih apresiasinya...

06 May

Siip..pengalaman dan info kesehatan yang baik ...lanjutkan? Siap mempraktekan.

06 May
Balas

siap lanjutkan bu.... terimakasih

06 May



search

New Post