Dwi Sutrisniwati

Lahir tgl. 6 Oktober 1971 dari seorang penjaga sekolah yang berkeinginan anak-anaknya menjadi guru. Kesibukannya sebsgai Kepala Sekolah di SDN Cabeyan 01 Bendo...

Selengkapnya
Navigasi Web
JENDELA HATI
Tantangan menulis 365, hari ke-141, Ilustrasi gambar: pinterest

JENDELA HATI

JENDELA HATI

=================

Ada sepasang suami istri muda yang menempati sebuah rumah di kompleks perumahan.

Suatu pagi sambil sarapan, si istri menatap pemandangan ke luar melalui jendela kaca. Kebetulan dia melihat seorang tetangga yang sedang menjemur baju.

Lalu si istri berkata kepada suaminya, "Lihat Pa, cuciannya kelihatan kurang bersih ya. Sepertinya dia tidak tahu cara mencuci pakaian dengan benar. Mungkin sabun cuci yang dipakainya kurang bagus."

Suaminya menoleh, tetapi dia hanya diam dan tidak memberi komentar apapun. Dengan tenang dia melanjutkan sarapan paginya.

Sejak hari itu setiap tetangganya menjemur baju, selalu saja si istri memberikan komentar yang sama tentang kurang bersihnya si tetangga mencuci bajunya.

Seminggu sudah berlalu. Di pagi yang sama si istri heran melihat pakaian-pakaian yang dijemur tetangganya terlihat lebih bersih dan cemerlang.

Lalu si istri berkata kepada suaminya, "Lihat Pa, sepertinya dia telah belajar bagaimana cara mencuci dengan benar.

Pagi ini cuciannya tampak bersih. Ah, mungkin dia melihat hasil cucianku yang bersih".

Pagi itu si suami tampak berbeda. Biasanya dia hanya diam saja mendengar perkataan si istri, namun kali ini dia menjawab komentar istrinya dengan lembut, "Ma, tadi Papa bangun lebih pagi untuk membersihkan jendela kaca rumah kita. Sekarang Mama bisa melihat cucian tetangga dengan jelas".

Si isteri terkejut dan merasa sangat malu mendengar jawaban suaminya.

Dia malu karena telah mencerca tetangganya selama ini tidak bersih mencuci baju, padahal kaca jendelanya sendiri yang kotor.

Begitulah kehidupan ...

Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung kepada kejernihan pikiran kita, lewat jendela mana kita memandangnya.

Jika kaca jendela yang kita pakai dalam keadaan kotor, sudah pasti apa yang kita lihat di depan akan terlihat kotor juga.

Jika hati kita bersih, maka bersih pula pikuran kita.

Jika pikiran kita bersih, maka bersih pula perkataan kita.

Jika perkataan kita bersih, maka bersih pula perbuatan kita.

Hati, pikiran, perkataan dan perbuatan kita mencerminkan hidup kita.

Itulah sebabnya orang tua kita selalu berpesan :

"Jaga hati, pikiran, perkataan dan perbuatan"

Yaahh...

Selayaknya kita menjaga itu semua, sebab seburuk apapun baju yang kita pakai tidak akan melukai orang lain. Tetapi lidah dan sudut pandang yang kotor dapat melukai bahkan menghancurkan orang lain!

Lalu... apakah kaca jendela kita sudah bersih hari ini?

Semoga ilustrasi ini bermanfaat. Terlebih kadang kita menganggap diri kita selalu lebih baik dari orang lain.

Semangattt....

Yakini setiap hari adalah hari yang terbaik....

=================

Sukoharjo, 26 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap sekali pencerahannya, Bunda. Ulasannya komplit dan bahasanya ringan.

27 Sep
Balas

Terima kasih pencerahannya, Bunda. Sukses selalu. Salam literasi

26 Sep
Balas

Sama2, Bapak... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Pesannya sangat mendalam. Semoga setiap kita menjadi semakin bijak melihat segala sesuatu. Mantap dan keren pisan ibuk.. Sukses selalu

27 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bpk.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Alhamdulillah H.141 sdh tayang. Smg hati kita selalu bersih. Mksih MGI...

26 Sep
Balas

Bersihkan hati dan mata agar bisa melihat penuh dengan kebaikan ..

26 Sep
Balas

Betul sekali, Bunda... Terima kasih apresiasinya ya,.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Tulisan yang mencerahkan. Makasih Bu

26 Sep
Balas

Sama2, Bunda... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Tulisan yang keren Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

27 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bunda cantiikkk.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Mantap Bu.... Hati harus bersih dari debu-debu yang menodai kesuciannya. Semangat selalu. Barokallah

26 Sep
Balas

Terima kasih suport dan apresiasinya ya, Pak Muslih .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Wah sangat keren....jaga pikiran kita agar dapat menatap persoalan dengan jernih.....sejernih jendela kaca tadi. Salam literasi. Salam sukses selalu Bu

27 Sep
Balas

Iyya, Bapak... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Wah ulasan yang keren bu

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bunda.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

ulasan yang super makna.Terimakasih telah mencuci hati saya yang kotor bunda.Salam sehat dan sukses selalu

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bapak .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Artikel pembelajaran hati melalui dirinya sendiri, .jangan mencerca tetangga lainnya..apik

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bpk.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Terima kasih sudah mengingatkan ibu cantik sahabatku... Salam santun

26 Sep
Balas

Iyya, Bunda... Sama2... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Tulisan syarat makna bun, semoga kita bisa menjaga hati. Sukses selalu bun untuk karya swlanjutnya

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bunda cantiiikkkk.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Ulasan yang sangat bagus sekali ibu. Terimakasih sudah mengingatkan. Sukses Selalu

27 Sep
Balas

Benar sekali, Ibu. Apa yang kita lihat tergantung kejernihan pemikiran kita. Mantap. Semoga sukses selalu.

26 Sep
Balas

Aamiin... Terima kasih apresiasinya ya, Bunda Novita cantiikkkk .... Semoga sukses juga...

26 Sep

Terimakasih bu...inspiratif bgt tulisannya...sukses selalu bu

26 Sep
Balas

Sama2... Terima kasih apresiasinya ya, Bunda.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

jendela hati dengan jendela rumah pasti beda tapi tetap sama memiliki pintu mantap bun

26 Sep
Balas

Hehehe... Terima kasih apresiasinya ya, Bunda .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Kelebihan dan kekurangan setiap orang itu sudah ada pada setiap manusia mantap bun

27 Sep
Balas

Keren bu, biar sdh pernah membaca ilustrasi cerita itu namun tetap menarik untuk disimak. Sukses bu

26 Sep
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih apresiasinya ya, Bpk.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Keren tulisanya bun... sangat bermanfaat... salam sukses selalu

26 Sep
Balas

Alhamdulillah... Terima kasih apresiasinya ya, Bunda .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Keren Bun cara penyampaian pesannya. Memang kita terkadang pandai menilai kejelekan orang lain. Padahal hati kita yang jelek

26 Sep
Balas

Iya, siap belajar, Bunda... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Terimakasih pencerahannya bunda Dwisutriniwati

26 Sep
Balas

Sama2, Bunda... Terima kasih hadirnya ya.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Tulisan yang bermanfaat...sangat menginspirasi salam sukses

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Bunda.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Keren sekali bunda, mengingatkan kita yang sering lupa walau sudah mengetahui, salam santun dan sukses ya bunda

26 Sep
Balas

Sama2, Bunda,,, Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Keren ulasannya Bu. Menjadi pencerahan diri kita. Lihatlah hati kita sebelum menilai orang lain. Sukses selalu Bu Dwi

26 Sep
Balas

Betul sekali, Bapak.... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Bagus Bu Dwi... menginspirasi agar hati kita selalu bersih. Salam sukses

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Pak Agus .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Tulisan yang sanngat informatif Bunda Dwi .. Terimakasih Ilmunya, Salam Literasi.

26 Sep
Balas

Sama2, Bunda... Terima kasih apresiasinya ya, Semoga sukses selalu...

26 Sep

Ulasan yang cerdas tentang bagaimana menjaga hati.

26 Sep
Balas

Siap, Bunda... Terima kasih hadirnya ya, .... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Itu sama dengan peribahasa hajah di pelupuk mata semut di seberang jelas kelihatan sukse selalu bun ..

26 Sep
Balas

Betul sekali, Bunda... Tak melihat pada diri sendiri dulu... Terima kasih apresiasinya ya,.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

Mantap bunda semoga jendela kaca hati kita kita coba untuk bisa menjaganya. Aamiin

26 Sep
Balas

Aamiin, siap belajar, Bunda... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

26 Sep

Terima kasih bu Dwi, inspirasi bermakna untuk saya. Salam sukses dan tetap semangat

26 Sep
Balas

Sama2, Bapak... Saling menjaga dan saling mengingatkan saja... Terima kasih apresiasinya ya.... Semoga sukses selalu...

27 Sep

jendela hati, hati yang dicinta....salam kenal

26 Sep
Balas

Terima kasih apresiasinya ya, Pak Rahmadi Salman .... Salam kenal juga, semoga sukses selalu...

26 Sep

Hati dan pikiran yang selalu bersih,agar mampu menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.Mantap bunda ...salam literasi

26 Sep
Balas

Benar sekali, Bunda. Siap belajar selalu... Terima kasih apresiasinya ya, .... Semoga sukses selalu...

26 Sep



search

New Post