Dyah Argarini

Guru Bahasa Inggris di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya. Suka menulis dan membaca apa saja. Mendukung literasi dengan daya dan upaya untuk kemajuan an...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rakor Pelaksanaan Service Learning Prodi PBI UINSA

Rakor Pelaksanaan Service Learning Prodi PBI UINSA

Kerjasama yang baik menentukan keberhasilan sebuah program kegiatan. Demikian halnya dengan Service Learning. Program pengembangan keterampilan dan pengetahuan ini harus difasilitasi secara holistik dan integratif dalam Tiga Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karenanya koordinasi dengan lembaga yang terkait sangat diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof. Ali Mas'ud pada acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Service Learning Program studi Bahasa Inggris dengan madrasah madrasah yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya di Ruang Rapat Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021. Rapat yang berlangsung mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 tersebut diikuti oleh Ketua Program Studi Bahasa Inggris, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala RA dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Negeri yang ada di Surabaya serta guru bahasa Inggris yang akan menjadi mitra pada pelaksanaan program nantinya.

Lebih lanjut Professor Ali Mas'ud menyampaikan apresiasinya kepada Ketua Program Studi Bahasa Inggris yang telah mencetuskan program service learning, dan para kepala madrasah. Harapannya program ini dapat berhasil dan memberikan manfaat kepada masyarakat, dan lembaga pendidikan madrasah yang ada di Surabaya, sehingga nanti bisa menjadi inspirasi bagi prodi prodi lain di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA untuk mengembangkannya.

Sementara itu, Dr Siti Asmiyah, Ketua Prodi Bahasa Inggris, memaparkan pada materi rapat bahwa service learning merupakan wadah kreativitas dosen dan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara integratif sesuai dengan target capaian pembelajaran sekaligus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Dalam pelaksanaannya, service learning mengikuti prinsip prinsip penilaian yang didasarkan pada proses pembelajaran, pengabdian dan refleksi, ketentuan akademik, tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan, pemetaan tempat dan lokasi pengabdian, langkah langkah strategis penciptaan komunitas belajar dan pemenuhan tujuan pembelajaran, pembelajaran di dan dari masyarakat, perbedaan yang minimal antara service learning dan pembelajaran, peran aktif perguruan tinggi, proses pembelajaran yang bervariasi dan orientasi kebermanfaatan untuk masyarakat.

Service learning memberikan manfaat yang besar kepada mahasiswa karena program tersebut pertama memberi kesempatan kepada mereka untuk mempraktekkan teori yang telah dipelajari, melatih berpikir kritis, meningkatkan kepekaan diri dan pemahaman terhadap proses perubahan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu mereka bisa aktif secara langsung untuk berkontribusi pada masyarakat melatih tanggung jawab sosial.

Bagi masyarakat service learning mendorong terjadinya kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat, memperluas jangkauan sumber daya. Service learning juga membantu komunitas berpikir inklusif dengan mengikutsertakan mahasiswa sebagai generasi muda dalam program pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu bagi perguruan tinggi service learning mendorong pembelajaran menjadi lebih inovatif dan variatif serta memperkaya metode dan strategi dalam proses perkuliahan. Moda pembelajaran bisa menjadi lebih variatif. Selain itu Service learning memberikan ruang untuk kerjasama dengan masyarakat dan menjadikannya sebagai ruang belajar alternatif. Hal ini menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk studi.

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang bentuk kemitraan yang akan dilakukan, strategi pencapaian, metode dan tahapan pelaksanaan serta output kegiatan. Sehingga demikian diharapkan program service learning ini bisa berjalan dan mencapai target sesuai dengan yang diharapkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post