Dyah Kristanti

Guru SMKN Sawoo Ponorogo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Baby

Baby

Dulu sebelum melahirkan, asumsi saya bayi lebih mudah kedinginan apalagi saat musim hujan atau berada di ruang ber-AC jadi harus dikasih selimut yang agak tebal. Ternyata, saya salah bunda... Bayi ternyata lebih tahan pada suhu dingin dibanding orang dewasa. Mengapa bisa begitu? Karena bayi punya Jaringan Lemak Coklat (Brown Adipose Tissue) yang lebih banyak, terutama pada bayi yang lahir cukup bulan dan terbatas hanya di jaringan bawah kulit leher dan punggung. Jaringan ini akan makin berkurang dan menyusut pada anak yang lebih besar dan hanya tertinggal sedikit pada orang dewasa. Dalam sel jaringan lemak coklat, cadangan energi dirubah menjadi panas. Keistimewaan lain dari jaringan ini adalah selnya dapat menyimpan sampai dengan 40% dari lemak bayi. Kenaikan suhu tubuh oleh jaringan ini dapat sampai 3 kali lipat dibandingkan dengan kenaikan suhu akibat berolahraga. Kenaikan suhu oleh produksi panas sel lemak jaringan lemak coklat ini adalah penyesuaian terhadap suhu udara yang dingin dan akibat makan berlebihan, tanpa melibatkan kegiatan otot (dalam keadaan istirahat). Jadi, ini menjadikan bayi tidak mudah kedinginan bahkan sebaliknya mudah kepanasan. Dibandingkan dengan orang dewasa muda, perbedaan daya tahan bayi terhadap udara dingin adalah sekitar 5 derajat Celcius dan sebaliknya terhadap udara panas. Jadi, jika orang dewasa pada suhu udara 20 derajat Celcius sudah kedinginan, bayi belum merasakan kedinginan karena untuk bayi, suhu udara 20 derajat Celcius terasa hanya 25 derajat Celcius. Sebaliknya, jika orang dewasa pada suhu udara 25 derajat Celcius merasa cukup dingin, bayi sudah kepanasan karena terasa sama dengan suhu udara 30 derajat Celcius. Jadi wajar kalo bayi tidak suka dipakaikan selimut. Jadi jangan terlalu resah kalau bayi suka berkeringat dan alergi keringat ya Bunda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih tulisannya, keren sekali, salam sukses selalu

04 Jun
Balas

Sama-sama bunda Mardiawati,, salam sukses selalu

05 Jun



search

New Post