Dyah Kristanti

Guru SMKN Sawoo Ponorogo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bullying

Bullying

Apa hal terbaik yang harus dilakukan ketika seorang anak memberi tahu bahwa mereka telah diintimidasi/ di bully? Kita harus siap ketika seorang siswa datang kepada kita sehingga dapat memberi mereka perhatian dan fokus pada apa yang mereka katakan. Jangan mulai dengan mengajukan banyak pertanyaan atau memberi tahu siswa apa yang harus dilakukan. Luangkan waktu dan ikuti langkah berikut ini. Setiap langkah itu penting. Mendengarkan mencerminkan Berempati. Jangan pernah menginterogasi. Tanyakan, "Adakah yang bisa saya bantu? Proses ini mendorong siswa untuk menjelaskan kisah mereka. Pastikan kita mendengarkan dengan penuh hormat dan mencerminkan perasaan mereka. Yakinkan siswa dan jangan pernah meragukan apa yang mereka katakan atau salahkan pada mereka. Diam-diam. Selalu ingat, siswa itu malu dan tidak benar-benar ingin berbicara dengan kita tentang pengalaman mereka. Yang paling penting tanyakan kepada siswa apa yang mereka ingin kita lakukan dan tindak lanjuti untuk memeriksa apakah mereka baik-baik saja. terimalah bahwa mereka mungkin tidak ingin kita melakukan apa pun. Menanggapi dengan cara ini akan membutuhkan latihan khusus karena itu bukan cara yang biasa kita lakukan saat kita berbicara dengan siswa lainnya. Akan tetapi, jika mereka memilih kita itu berarti bahwa kita dianggap spesial bagi mereka sehingga mereka mau curhat kepada kita. Semoga kita bisa sabar dan berhasil menyelamatkan perasaan mereka supaya tidak terjadi trauma. Salam literasi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cara terbaik...

17 Jun
Balas

Terimakasih bu Ria Misni

17 Jun

Mantap Bu..Terimakasih ilmunya

17 Jun
Balas

Hanya trik biasa bu Erida Yanti,, yang jelas jiwa penyabar keibuan pasti disukai anak-anak ,,,Terimakasih kembali

17 Jun

Na'uzubillah

17 Jun
Balas

Aamiin

17 Jun



search

New Post