Dyah Kristanti

Guru SMKN Sawoo Ponorogo...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penilaian Terhadap Suatu Tes

Penilaian Terhadap Suatu Tes

Bagaimana kita tahu jika pertanyaan ujian baik atau buruk? Pertanyaan tes yang baik berkontribusi pada keandalan tes karena mereka menghasilkan hasil yang konsisten. Cara lain kita dapat mengevaluasi pertanyaan tes adalah dengan melihat siapa yang menjawab dengan benar dan salah. Jika pertanyaan tes bekerja dengan baik, kami berharap siswa yang lebih kuat untuk menjawab dengan benar lebih sering daripada siswa yang lebih lemah. kita dapat mengetahui apakah ini terjadi dengan membandingkan sepertiga atas kelas dengan sepertiga bawah. Pertama, hitung skor tes siswa untuk seluruh komponen tes (mis. semua item tata bahasa) dan letakkan secara berurutan dari total skor tertinggi hingga total skor terendah. Sekarang, bagi kelas menjadi tiga (kira-kira), sehingga siswa dengan nilai tertinggi berada di posisi ketiga dan siswa dengan nilai terendah berada di ketiga terbawah. jika jumlah total siswa tidak dapat dibagi tiga, pastikan bahwa sepertiga bagian atas dan bawah memiliki angka yang sama. Untuk sepertiga atas dan bawah ketiga kelas, hitung nilai fasilitas untuk setiap pertanyaan, dengan cara yang sama yang kami lakukan pada langkah sebelumnya: jumlah siswa yang menjawab dengan benar dibagi dengan jumlah total siswa dalam kelompok itu. Misalnya, di kelas 30, akan ada 10 siswa di setiap kelompok. Di sepertiga atas kelas, 8 siswa menjawab Pertanyaan 1 dengan benar, sehingga nilai fasilitasnya adalah 8/10 = 0,80. Di sepertiga bagian bawah kelas, 5 siswa menjawab Pertanyaan 1 dengan benar, sehingga nilai fasilitas untuk ketiga ini adalah 5/10 = 0,50. Lebih banyak siswa menjawab dengan benar di sepertiga atas daripada sepertiga bawah. inilah yang kami harapkan, jadi Pertanyaan 1 tampaknya berfungsi dengan baik. Jika nilainya sama untuk kedua kelompok, itu mungkin berarti bahwa siswa menebak. Jika lebih banyak siswa menjawab dengan benar di sepertiga bagian bawah, itu mungkin berarti ada masalah dengan pertanyaan itu. Misalnya, kunci jawaban mungkin salah, atau pertanyaannya mungkin membingungkan.

Tulis jawaban Anda di bawah ini .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sudah diingstkan kembali ttg hal ini, Btw tulisannya tanpa paragraf ya bu?

06 Jun
Balas

Sebenarnya ada paragrafnya,, belum saya benahi sudah terkirim hehe maaf

07 Jun



search

New Post