Dyah Sinto Rini

Lahir di Kudus, sekarang mengajar matematika di SMPN 18 Tangerang. Sejak kecil menyukai film dan lagu berbahasa Inggris. Di sela-sela kesibukannya selalu menyem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Nan Mengasyikkan

Pembelajaran Nan Mengasyikkan

Pengajar praktik (PP) bertugas melakukan pendampingan individu (PI) kepada calon guru penggerak (CGP). PI dilakukan untuk membantu CGP mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman konsep yang diperoleh secara daring, serta wawasan dan keterampilan yang diperoleh dari lokakarya, sehingga CGP mampu untuk belajar, berbagi, berefleksi, hingga berkolaborasi secara kreatif dan inovatif. Melalui PI diharapkan dapat membantu CGP mencapai kematangan sosial dan emosional sehingga CGP dapat merencanakan, melaksanakan dan melakukan refleksi pembelajaran yang berpihak pada peserta didik dengan baik.

Sebagai PP, saya melakukan PI kepada 5 (lima) orang CGP. Selama melaksanakan PI, saya harus melaksanakan proses coaching dengan baik sehingga para CGP yang saya dampingi bisa merasa nyaman dan senang bersama saya, pun agar semua yang dirasakan oleh CGP terkait semua program guru penggerak (PGP) yang sedang mereka ikuti, dapat tersampaikan kepada saya.

Saya melaksanakan PI 4 bersama para CGP di sekolah masing-masing. Saya selalu menyapa, menanyakan kabar CGP, memberi motivasi kepada CGP, menjelaskan fokus pendampingan, memastikan CGP telah menginput instrumen lembar umpan balik ke LMS, menanyakan proses kegiatan yang sudah berjalan selama dua minggu terakhir, pembelajaran daring, pun mengapresiasi CGP atas semua capaian CGP.

Saya menjelaskan bahwa fokus PI 4 adalah: observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional; Penilaian observasi praktik pembelajaran; dan Penilaian: Observasi pembelajaran yang berpusat pada murid.

Saya harus mengobservasi pembelajaran yang dilakukan di kelas CGP selama 2 jam pelajaran. Sebelumnya, saya melakukan coaching bersama CGP dengan baik dan sesuai dengan fokus pendampingan, kemudian melakukan coaching pra observasi yang merupakan percakapan yang membangun hubungan antara CGP dan PP sebagai supervisor dan sebagai mitra dalam pengembangan kompetensi diri.

PP melakukan observasi dan pengamatan pada saat CGP melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan utama tahap ini adalah mengambil data atau informasi secara obyektif mengenai aspek pengembangan yang sudah disepakati. Saya mendampingi CGP dalam melakukan praktik baik dalam pembelajaran berdiferensiasi dan menguatkan kompetensi sosial emosional (KSE).

Selanjutnya, dalam proses percakapan pasca observasi ini, saya dan CGP merefleksi dan melakukan percakapan umpan balik. Saya berupaya menggali agar dapat menemukan area pengembangan dan perbaikan diri yang hendak dilakukan CGP, bagaimana CGP mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, serta hal-hal yang perlu diperbaiki untuk ke depannya.

Di akhir PI, PP mengingatkan CGP tentang gambaran pelaksanaan PI 5 serta kelengkapan bahan yang harus disiapkan oleh CGP di mana CGP harus menggerakkan salah satu teman sejawat untuk berkegiatan dalam PI 5.

PP mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada CGP atas berbagi praktik baik yang telah dilaksanakan pada PI 4.

CGP mampu mengembangkan proses pembelajaran nan mengasyikkan, sehingga tercapai wellbeing peserta didik.

Salam dan bahagia...

Salam Guru Penggerak

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post