edi kusmaya

Lahir di Kota Wisata Kabupaten Pangandaran Ciamis Jawa Barat. Dari pasangan, almarhum keluarga petani Hj. Rohayati dan Rusmana. Ayahanda seorang seniman, maka d...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAGI HARI DI PANTAI PANGANDARAN

PAGI HARI DI PANTAI PANGANDARAN

Debur ombak pantai Timur Pangandaran, seperti hari-hari lainnya pagi hari ini tak pernah bosan melakukan fitrahnya. Sapaan angin laut, masih terasa sisa-sisa malam tadi. Tampak ada segerombolan kelelawar baru datang menuju peraduannya. Rupanya dia telat pulang kandang, mungkin kena macet di jalan. Haaaaaa ...

Turis lokal tampak masih memenuhi bibir pantai, tampak lusuh mungkin blom pada madi dan gosok gigi. Kalau ditanya mungkin jawabnya begini, "Biarin ....yang penting heppy". Pasti meteka, semalam pada begadang, menikmati terpaan angin malam.

Ritual tahunan seolah menjadi tradisi. Tak pernah bosan, untuk datang lagi ke Pantai Pangandaran. Padahal mereka datang dengan susah payah, bisa berjam-jam di jalan.

Kini pantai lebih tertata rapih. Tidak terlihat lagi para pedagang. Benar-benar tertib. Setiap sudut telah tersedia tong sampah. Namun sayang, malah wisatawannya yang tidak peduli dengan keindahan dan keberesihan. Mereka membuang sampah sembarangan. Sangat disayangkan, pemerintah Kabupaten Pangandaran dan maksimal memberikan kenyamanan.

Pangandaran ke depan penuh harapan, jadi Balinya Jawa Barat. Satu hal yang harus diingat, bagaimana mengembangkan pariwisata melibatkan rakyat. Jangan sampai tersisih oleh pemodal dari kota. Porsi untuk pengusaha kecil bisa terlindungi dan terakomodasi. Semoga !

Pangandaran, 18 Juni 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post