EDI SUTIONO,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
CATATAN KECIL PELATIHAN JARAK JAUH MASA PANDEMIC COVID-19

CATATAN KECIL PELATIHAN JARAK JAUH MASA PANDEMIC COVID-19

CATATAN KECIL PELATIHAN JARAK JAUH

MASA PANDEMIC COVID-19

Pada saat pandemic Covd-19, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat dilaksanakan secara on line atau daring (dalam jaringan). Pihak penyelenggara atau panitia, Widya Iswara dan Peserta bertemu secara virtual. Tentu hal ini berbeda dari kebiasaan, yaitu tatap muka dan bertemu secara fisik dalam satu ruangan. Walaupun secara virtual, hakekat dan essensi dari kegiatan tidak berkurang. Justru ada beberapa hal yang saat tatap muka tidak didapatkan, maka kegiatan secara daring ini, peserta mendapatkannya.

Beberapa hal positif kegiatan Pendidikan dan pelatihan secara daring atau virtual bagi peserta:

1) Peningkatan kompetensi literasi membaca on line dan literasi IT

Peserta semakin rajin membaca materi, tugas, instruksi dari WI melalui moodle di web pendikan dan pelatihan. Dengan kegiatan membaca secara intensif dan berkelanjutan , maka peserta akan memahami materi dan penugasan dari WI. Hal ini memang dipengaruhi waktu dan jadwal secara daring yang berbeda dengan saat tatap muka.Waktu sangat terbatas.

2) Peningkatan penguasaan piranti IT dan penguasaan aplikasi

Secara darin/ dalam jaringan, semua kegiatan melalui moodle dalam web diklat. Artinya peserta harus menyesuaikan untuk belajara otodidak dan instan agar mampu mengikuti kegiatan ini. Mulai kegiatan informasi adanya diklat, pendaftaran dan pengiriman berkas, dilanjutkan kegiatan terjadwal melalui web dengan berbasis internet. Otomatis antar peserta, peserta dengan panitia akan komunikasi secara daring. Jika peserta belum bisa megikuti suaru kegiatn, maka komunikasi langkah-langkah untuk menuju moodle kegiatan akan dipandu. Tentu akan sangat menarik bagi peserta. Juga akan menantang bagi peserta untuk menguasai piranti IT.

3) Manajemen waktu

Peserta yang melaksanakan diklat berada di rumah atau tempat kerja. Maka peserta juga memiliki tugas di rumah dan di tempat kerja. Manajemen waktu oleh peserta untuk membagi waktu antara menyelesaikan tugas di rumah atau di tempat kerja dengan mengikuti diklat. Terkadang jadwal diklat berubah, karena ada WI atau Pejabat yang mengisi kegiatan memiliki jadwala yang sama di lain kegiatan. Tentu hal ini harus di maklumi oleh peserta. Tugas yang diberikan oleh WI dalam waktu terrtentu, maka peserta harus pandai-pandai mengatur strategi agar tugas dapat diselesaikan dan dikumpulkan sesuai waktu. Bagi peserta yang mampu mengatur waktu, daring akan lebih nyaman dan fleksibel. Peserta dapat meneyelesaikan beberapa tugas non diklat dalam waktu bersamaan karena ada kegiatan yang tidak perlu bertemu wajah secara virtual.

4) Silaturahmi on line

Peserta, WI, Panitia, akan bisa mengetahui masing-masing individu pada saat kegiatn zoom meeting. Silaturahmi seperti ini akan memiliki nilai tersendiri. Berkomunikasi tapi jauh. Saat zoom meeting pun, aktivitas peserta juga beragam. Peserta ada yang berada di kendaraan speda motor, ada juga yang berada di teras rumah, mungkin ada yang di dalam mobil, ada pula yang sedang rapat dinas. Berbagai hal muncil. Kelucuan dan keunikan tersendiri bagi peserta zoom meeting.

5) Mengetahui nilai

Selama ini jika diklat, maka peserta tidak ada yang mengetahui nilai dari tugas atau aktivitas yang termasu penilaian, misalnya keaktifan diskusi dan peran serta peserta dalam diklat. Saat kegiaatn pelatihan jarak jauh ini ada moodle tentang penilaian, dan peserta akan melihat nilai dari hasil koreksi WI berdasar tugas yang dikumpulkan. Tebtu ini menjadi motivasi tersendiri bagi peserta untuk meningkatkan dan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas dengan baik, agar mendaatkan nilai yang baik pula.

Ternyata adanya pandemic covid-19, telah memantik suatu lompatan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan . Selama ini hanya instansi tertentu yang melaksanakan zoom meeting atau classroom atau video conferensi. Sekarang, semua kegiatan melalui daring. Kegiatan tatap muka di kurangi bahkan dihilangkan. Dengan hal ini setiap orang akan berusaha untuk meningkatkan konpetensi diri dalam piranti IT. Mulai mengenal, belajar, mempraktekkannya. Bagi seorang guru, maka mengenal daan menggunakan piranti IT dengan semakin baik , harus ditingkatkan. Maka ketika Era 4.0, berbasis digital dan kemajuan IT harus kita ikuti. Suatu tekanan yang positif. Kemajuan informasi dan teknologi memang menunjang kegiatan kehidupan ini.Berdasar hal ini, tidak menutup kemungkinan kegiatan-kegiatn virtual akan berlangsung lama . Dalam waktu yang belum bisa untuk dikatakan berakhir.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post