Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PAUD AL HAFIZH Bernyanyi (H33T365)

PAUD AL HAFIZH Bernyanyi (H33T365)

Hari ini anak-anak di sekolah PAUD AL HAFIZH  mengadakan kegiatan bernyanyi dengan tema kendaraan. Sebelumnya saya meminta anak-anak untuk bernyanyi bersama. Lagu yang dinyanyikan yaitu lagu pesawat terbang, kereta api, macam-macam kendaraan darat, becak dan sepedaku. 

Setelah itu anak-anak tampil seorang demi seorang. Anak-anak tampil dengan penuh semangat. Mereka duduk rapih agar segera bisa dipanggil untuk tampil di depan. Saya biasanya menyiapkan sound kecil dan juga mic sebagai penunjang mereka bernyanyi. Dengan begitu anak biasanya tak sabar ingin segera tampil.  Hasilnya memang luar biasa.  Beberapa anak mendapatkan perkembangan yang luar biasa. Semua guru merasa bangga dengan kemajuan yang ditunjukkan anak-anak. 

Metode pembelajaran yang saya saya lakukan itu disebut metode bernyanyi. Pembelajaran melalui metode bernyanyi akan lebih efektif terhadap perkembangan bahasa anak, karena benyanyi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat digemari anak-anak. Bernyanyi membuat suasana belajar menjadi riang sehingga perkembangan bahasa anak dapat di stimulasi secara optimal, Selain itu dengan bernyanyi dapat menambahkan peningkatan kosa kata sehingga perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal.

Perlu diketahui anak usia dini itu lebih gampang meniru. Apa yang kita ucapkan mereka langsung merekam di memory otaknya. Pada masa ini anak mempunyai ingatan yang kuat. Informasi yang ia dapatkan akan terus diingat, bahkan sampai dewasa kelak. Sehingga pemberian informasi yang benar pada masa ini sangat penting, karena hal tersebut mempengaruhi perilaku sikap, kecerdasannya.

Anak usia dini itu mempunyai cara belajar tersendiri yang berbeda dengan orang dewasa. Anak usia dini masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan sehingga pembelajarannya masih bergantung pada objek-objek konkret dan pengalaman yang dialaminya. Anak usia dini belajar degan caranya sendiri. 

Mereka belajar dengan cara bermain. Salah satu bermainnya yaitu dengan cara bernyanyi. Jadi jangan merasa aneh kalau anak usia dini itu banyak bernyanyi. Karena itulah dunianya anak-anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda.Sukses selalu. Salam literasi

29 Mar
Balas

Ulasan yang luar biasa keren

29 Mar
Balas



search

New Post