Edit Kadila, S.Pd

Saya bukanlah orang yang pandai merangkai kata-kata. Tapi saya ingin merangkai kata dalam hidup saya agar saya bisa lebih banyak berarti buat orang lain dengan ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Edukasi (H34T365)

Pembelajaran Edukasi (H34T365)

Pagi tadi Rabu 30 Maret 2022, sekolah PAUD AL HAFIZH mengadakan kegiatan pembelajaran edukasi Pemadam Kebakaran pada puncak tema kendaraan. 

Pada saat saya menyampaikan kegiatan itu seminggu sebelumnya kepada orang tua, mereka menyambut dengan senang apalagi anak-anak berteriak penuh gembira. 

Akhirnya saya mulai melakukan kunjungan ke Damkar terdekat yaitu di Ciawi. Awalnya ada teman yang mengajak ke Damkar Cipanas. Woow jauh sekali. Dan itu tentunya akan berdampak pada biaya administrasinya. Saya tak ingin terlalu banyak memberikan beban terlalu besar pada orang tua. Kasihan dengan kondisi pandemi saat ini. 

Alhamdulillah kunjungan pertama saya disambut dengan baik oleh pihak petugas disana. Dan yang membahagiakan sekali mereka mau datang ke lokasi sekolah saya. Betul-betul rezeki. Soalnya ngga terbayang deh kalau harus ke lokasi Damkar. Walau pun dekat tetap saja macetnya itu yang ngga bisa nahan. Capek deh...

Hingga akhirnya disepakati lokasi kegiatan di Cibulan Indah (tempat kolam renang) di dekat sekolah. Jadi setelah anak-anak basah-basahan mereka bisa langsung berenang. Asyik kan... 

Pukul 8 pagi kami sudah menunggu mobil damkar. Kami sudah tidak sabar menunggu mobil itu tiba. Setiap terdengar suara sirene terdengar sorakan dari kami semua. Ternyata bukan anak-anak saja yang heboh mamah-mamah pun ikut heboh. 

Ketika terlihat kepala mobil damkar anak-anak berlarian. Terbayang kan hebohnya. 

Dalam kegiatan mengenal jenis kendaraan kali ini anak-anak tersebut diajak untuk mengenal tentang kendaraan pemadam kebakaran dan belajar penyebab kebakaran. Bukan hanya itu, peralatan pemadam kebakaran seperti apar, tabung oksigen, karung goni, dan lain sebagainya. Cara memadamkan api juga turut dikenalkan kepada anak-anak usia dini.

Hal tersebut dilakukan untuk memberi pengetahuan kepada anak agar dapat menghindari terjadinya kebakaran dan tidak bermain api. Anak antusias ikuti kegiatan. Mereka jadi lebih paham tentang pekerjaan dari pemadam kebakaran, dan  jadi mengetahui langsung kendaraan di pemadam kebakaran yang selama ini cuma bisa dilihat di televisi atau youtube saja. 

Program kegiatan ini bukan hanya terkait pada tema kendaraan saja, tapi juga pada tema profesi dan air, api dan udara. 

Kegiatan pagi tadi juga terdapat edukasi buat mamahnya bagaimana cara mengatasi kebakaran pada tabung elpiji. Mamah-mamah mendengarkan dengan penuh antusias karena ilmu itu sangat berharga sekali bagi ibu rumah tangga. 

Setelah itu kami semua diajarkan bagaimana memadamkan api secara manual dengan menggunakan karung goni. Sebelumnya petugas menunjukkan caranya. Petugas meminta saya untuk mencobanya. Xiii...ada perasaan takut. Tapi setelah saya anak-anak berlomba-lomba ingin mencobanya. Hampir semua anak berani tampil ke depan. Luar biasa anak-anak PAUD AL HAFIZH. 

Kemudian acara selanjutnya adalah berkeliling menaiki mobil damkar. Semua anak menaiki mobil, dan mamah-mamah pun tak mau ketinggalan. Mereka ingin menunjukkan inilah sekolah mereka yang keren, sekolah PAUD AL HAFIZH. 

Setiap melewati rumah penduduk kami berdadah ria. Mobil damkar itu pun tiba kembali ke lokasi. Dilanjutkan dengan basah-basahan. Air dari selang besar itu menyemprot kami seperti turunnya air hujan. Anak-anak berteriak penuh bahagia, saya pun tak mau ketinggalan untuk ikut bergabung. Selesai acara kami pun berfoto bersama. Dilanjutkan nyebur bersama di kolam renang. Seruuuu. 

Semoga kegiatan perdana ini bisa menjalin hubungan yang erat dengan pihak Damkar Cawi. Amiin...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Merdeka belajar

31 Mar
Balas

Keren banget reportase Bunda. Salam sukses selalu.

30 Mar
Balas

Keren kegiatannya. Salam sehat dan bahagia selalu Bunda.

02 Apr
Balas



search

New Post